Home > Opini Gue, Pengalaman > Kunci Sukses: Keseimbangan Otak Kanan – Otak Kiri

Kunci Sukses: Keseimbangan Otak Kanan – Otak Kiri

Tulisan ini terinspirasi dari diri gue sendiri. Dari pengalaman-pengalaman gue saat berusaha untuk mengenali diri gue sendiri.

Seperti kita ketahui bersama otak kita ini – otak manusia – oleh kebanyakan orang dibagi menjadi dua bagian yaitu otak kanan dan otak kiri, secara ilmiah katanya, dan gue termasuk ke dalam kebanyakan orang itu. Konon katanya kenapa otak kita yang merupakan karunia Allah SWT ini kita bagi menjadi dua bagian adalah karena dua bagian otak tersebut memiliki fungsi yang berbeda.

Otak kanan biasa diidentikkan tentang kreatifitas, dan memang benar fungsi dari otak kanan ini adalah untuk mengurusi proses berpikir kreatif manusia, contohnya adalah kemampuan komunikasi (lingusitik). Cara kerja otak kanan ini biasanya tidak terstruktur, dan cenderung tidak memikirkan hal-hal yang terlalu mendetail. Contoh orang yang mengandalkan otak kanannya dibandingkan otak kirinya adalah seniman.

Sedangkan otak kiri biasa diidentikkan dengan kecerdasan analitik. Maksudnya otak kanan kita ini terkait dengan kemampuan matematis dan kemampuan berpikir sistematis seseorang. Contohnya kemampuan menyelesaikan soal matematika. Cara kerja otak ini sangat rapi, terstruktur dan sistematis. Biasanya otak kiri ini sangat bermanfaat saat digunakan untuk memahami hal-hal yang kompleks dan perlu pemikiran yang mendetail. Orang yang biasanya lebih mengandalkan otak kiri adalah seorang peneliti atau scientist.

Tapi hati-hati jangan terlalu memporsir kerja salah satu bagian otak saja. Karena mungkin akan menyebabkan kerja batian otak yang satunya tidak optimal. Gw suka menyebutnya artropi otak kanan atau artropi otak kiri. Yah, setidaknya hal itu yang pernah gue rasakan. FYI istilah artropi biasanya digunakan untuk pengecilan otot yang jarang dipakai.

Mau artropi otak kanan maupun artropi otak kiri pernah gue alamin. Dua kejadian itu gue alamin selama hidup gue. Gue coba ceritain yang artropi otak kanan dulu, soalnya itu yang paling lama. Sejak gue SD kayaknya gue udah mengidap penyakit ini. Orang yang artropi otak kanan biasanya disebabkan otak kirinya yang terlalu dominan. Ciri-cirinya adalah pertama dia pinter banget matematika atau pelajaran-pelajaran yang sifatnya sistematis. Kedua orangnya biasanya rada-rada nggak gaul dan biasanya emang agak takut untuk bergaul. Ketiga lebih cenderung menyukai hal-hal yang berbau teknis dan eksak ketimbang berpikir kreatif. Kalau loe mempunyai ciri-ciri tersebut hati-hati, loe udah terjangkit artropi otak kanan. Gue sendiri mengalami hal ini sejak SD sampai gue lulus SMA dan kuliah di Fasilkom UI semester ke-3.

Sejak semester ke-4 gue udah mulai gerah dengan menjadi orang yang nggak gaul. Sedikit demi sedikit gue mulai meningkatkan kekuatan otak kanan gue. Tapi lagi-lagi gue nggak hati-hati karena gue terlalu asik dengan meningkatkan kemampuan otak kanan gue, gue melupakan si otak kanan, hal ini ditandai dengan semakin turunnya IP gw di kampus yang tadinya 3.46, nyaris cum laude kan, sekarang sisa tinggal 3.25, parah banget kan. Ciri-ciri lain orang yang terkena artropi otak kiri adalah biasanya orangnya males berpikir hal-hal yang mendetail dan cenderung suka yang garis-garis besar saja. Satu lagi ciri-ciri lain adalah biasanya orang yang terkena artropi otak kiri lebih cenderung suka tidur (banyak tidur).

Gue sekarang berada di akhir semester 6, dan gue baru sadar kalau untuk sukses gue harus menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri agar tidak timpang salah satu.

Categories: Opini Gue, Pengalaman
  1. May 20, 2007 at 6:25 am

    Sedangkan otak kiri biasa diidentikkan dengan kecerdasan analitik. Maksudnya otak kanan kita ini terkait dengan kemampuan matematis dan kemampuan berpikir sistematis seseorang. Contohnya kemampuan menyelesaikan soal matematika. Cara kerja otak ini sangat rapi, terstruktur dan sistematis. Biasanya otak kiri ini sangat bermanfaat saat digunakan untuk memahami hal-hal yang kompleks dan perlu pemikiran yang mendetail. Orang yang biasanya lebih mengandalkan otak kiri adalah seorang peneliti atau scientist./////maksud yang ini otak kiri atau otak kanan saya belum memahaminya….mungkin karena otak kiri saya maksudnya otak kanan belum bisa merekam yang dimaksud ini….tolong diinformasikan lagi dengan jelas///

  2. May 21, 2007 at 1:25 pm

    di paragraf ini saya menjelaskan tentang otak kanan, dan pada paragraf sebelumnya ttg otak kiri. Jadi pada intinya saya membandingkan….

  3. adi
    May 22, 2007 at 6:26 am

    Gue salut sama nie org.. sudah aktif comunicate sama org luar dgn web sendiri..

    O ya, gue mo tanyain.. ttg otak kiri.. bagaimana melatif kemampuan otak kiri. Misalnya berpikir analitis. Apa itu berpikir analitis, bagaimn supaya di setiap saat kita bisa menganalisis sesuatu dgn cara berpikir analitis itu?.
    kedua sistematis.. sama sprti yang pertama, bagaimn maksudnya supaya itu dapat diterapkan agar kita bisa berlatih setiap saat.. thankss

    mbahasnya kayaknya kurang komplit deh.
    Klo tahu jawabannya, kirim ke email gue yahh.. thnks

  4. marin
    May 26, 2007 at 7:19 am

    good topic…

    oia, apa ini hanya sebatas pengalaman atau udah melalui pendalaman2?

    trus cara yang bisa digunakan untuk mengidentifikasi kita dominan gunain otak yang mana gimana?,apa cuma dari cara pikir aja…

    saya pernah baca, salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk melihat kecerdasan dengan mengukur panjang jari manis dibanding jari telunjuk…cara ini udah dibuktikan secara ilmiah…
    ada gak cara lain selain ini dan terbukti ilmiah….:)

  5. May 26, 2007 at 10:55 am

    @marin
    Salam kenal
    btw makasih dah berkunjung di blog gw
    Mbak punya blog juga nggak? Kapan-kapan saya yang berkunjung…:)

    Tentang otak kanan dan otak kiri nih.. Sejujurnya saya nulis berdasarkan pengalaman. Kadang-kadang saya berpikir ‘kenapa saya berpikir seperti ini?” dan pernah juga baca buku terjemahan ttg memaksimalkan cara berpikir. Banyak dibahas ttg perbedaan cara berpikir termasuk cara pikir pria dan wanita… tapi lupa judulnya apa… Kalo mau tau email balik aja nanti saya cari…

    Kalo yang jari telunjuk sama jari tengah yang jadi sama panjang yaa…? Kalo itu menurut saya cuka kesalahan paralaks mata aja…. nggak ada hubungannya sama otak kanan atau otak kiri.

  6. Rosi
    June 11, 2007 at 1:41 pm

    kisahnya ok juga…kbetulan nih,sy lg cari artikel ttg keseimbangan otak.lagi kumpulin bahan untuk pembentukan Club yang berkaitan dengan penyeimbangan otak dan penyelarasan kepribadian..alhamdulillah ktemu ma orang yang mau bagi kisahnya ttg masalah otak.apalagi nyebut-nyebut athropi otak..btw,lebih detail dong..coz ditinjau dari segi medis dan psikologis,agak kurang manteb..maaf ya..makasih banyak.

  7. June 12, 2007 at 8:57 am

    Maaf kalo dari segi medis kurang mantab…
    Soalnya saya bukan anak kedokteran atau psikologi… Jadi saya membahasnya sekedar pengalaman aja… Kalo masalah arthropi itu bekal ilmu SMA aja kok….

  8. adi k
    June 19, 2007 at 6:39 am

    gua tertarik bgt dengan pengalamannya, ga’ jauh beda ma pengalaman yang pernah tak rasain n sekarang ni gua masih kuliah di ITS-Surabaya. Bedanya cuma IP gua walau dah max pake otak kiri tetep dapet jelek pokoknya di bawah 3 n diatas 1. Yang gua ingin tanyain apakah IQ berpengruh dalam proses belajar otak kiri dan otak kanan???? Gmana menurut kamu. Bls di email gua…thanks be4

  9. adi k
    June 19, 2007 at 6:39 am

    gua tertarik bgt dengan pengalamannya, ga’ jauh beda ma pengalaman yang pernah tak rasain n sekarang ni gua masih kuliah di ITS-Surabaya. Bedanya cuma IP gua walau dah max pake otak kiri tetep dapet jelek pokoknya di bawah 3 n diatas 1. Yang gua ingin tanyain apakah IQ berpengruh dalam proses belajar otak kiri dan otak kanan???? Gmana menurut kamu. Bls di email gua…thanks be4

  10. Ada de,, kasitw ga ya?
    July 31, 2007 at 5:11 am

    tpoikny bgus bgt. ngebantu sumpah dalem tugas skul gue yg suruh nyari2 ttg otak. kalo otak2 mah dipasar banyak,,

  11. rina
    August 18, 2007 at 5:46 am

    kok kaya’ny semua ciri” artropi otak kanan & kiri ada padaku ya???? ala maak… kasi tauw donk cara melatih otak kanan kiri. kalo masalah vitamin dan giziku tak pikir ud memenuhi standart, tapi knapa y kok aku merasa kaya orang pelo. suka tidur, susah bergaul jg kaya’nya. ceppee d!!!
    help me dunk!!

  12. farichah
    August 27, 2007 at 4:58 am

    aq ana’ klas 2 sma.tiap tahun aq dpt tugas tu”bwt project, tp tu’kli ini aq pngen ngangkat judul tentang otak kanan dan otak kiri.
    may be q bisa dibantu???????????????

  13. Rendra
    October 19, 2007 at 1:05 pm

    Mas,gimana caranya melatih otak kanan ya? Kok yang aku tangkep banyak be-gaul artinya “sedang” latihan otak kanan, padahal kan mau ngelayap aje,jenuh belajar he..he
    Kasi tahu dong? caranya. Tx.

  14. el suma
    November 26, 2007 at 9:31 am

    luar biasa memang ciptaan Allah itu tak ada yang dapat menandinginya…

  15. vika
    December 18, 2007 at 3:45 am

    otak kanan maupun otak kiri emang harus diseimbangin
    karena q anak sma
    q ngrasa lebi dominan pake otak kiri
    palagi IPA
    gak seimbang tuh
    kecuali kalo qt mau nyeimbangin sendiri. tiap hari yang dibahas matematika fisika atau kimia, dan materi2 kayak musik atu olahraga cuma dikasih 2 jam per minggu.
    pantas orang Indonesia gak maju2, pendidikannya juga gak seimbang…..

  16. floppy disk
    December 31, 2007 at 9:53 am

    Om, mo tanya, bisa ga pembelajaran sempoa meningkatkan sistem kerja otak kanan dan otak kiri?

    thk yu
    happy new year 08

  17. biru
    February 17, 2008 at 6:30 am

    kamu ada otaknya nggak ??

    • r05d4
      May 15, 2013 at 3:57 pm

      elo kali yg gk punya akhlak…. sayang tuhan kasih kamu otak tapi salah gunain…..

  18. widya
    February 18, 2008 at 4:13 am

    good article.klo boleh tahu gmn kita bisa menyeimbangkan antara otak kanan n otak kiri

  19. February 18, 2008 at 4:15 am

    good article.klo boleh tahu gmn cara menyeimbangkan otak kanan n otak kiri.

  20. March 19, 2008 at 6:37 am

    Kang Mau Nanya Definisi dari Otak Kiri dan Otak Kanan Sendiri apa?

  21. April 9, 2008 at 4:28 am

    aq dah baca artikelnya dan aq salut ma anda, ternyata ada jg org yg mngalamix, aq azwar di makassar dulu jg aq sprti yang ka2 tulis di artikelnya. SD jg aq sama sprti ka2 trus tamat sma aq dah mlai banyak tidur malas bergaul sampe2 nilai aq waktu slesai sma drop abiz, mungkin karena sprti kata ka2 hanya mengandalkan otak sebelah. plz bls di email-Q

  22. knowledge hunter
    April 27, 2008 at 4:00 pm

    arigato!!!
    FUBATSUNO SHEISHIN

  23. May 12, 2008 at 6:04 am

    ah, akhirnya ketemu juga jawaban atas masalah diri saya sendiri yg suka tidur : atropi otak kiri rupanya … hmm

  24. Radix
    May 13, 2008 at 7:16 am

    hari ini gue dapet tugas dari guru boeat nyari fungsi tugas otak kanan ma kiri..
    g nyangka tnyta g rugi bis baca uraian d atas..
    thanks..
    =^^=

  25. a1d0
    May 13, 2008 at 9:46 am

    Oooooooooo,
    gitu ya………

    Tapi aq baek-baek aja tuh…
    Jadi bingung OKa atau OKi???

    http://a1d0.wordpress.com

  26. Hashimah
    May 19, 2008 at 9:27 am

    Terima kasih,isi dari laman anda ini telah juga saya jadikan antara bahan rujukan untuk assingment saya…
    Cuma, saya pinta, agar anda dapat menggunakan bahasa serumpun yang lebih standard agar lebih difahami oleh semua kaum/bangsa serumpun…teruskan berkongsi info ya!!!

  27. harry
    May 23, 2008 at 7:40 pm

    Hai kawan saya mau tanya.Saya termasuk atropi otsk kanan atau atropi otak kiri?Sebelum pertanyaan ini anda jawab ada baiknya jika aku ceritakan terlebih dulu tentang diriku.

    Dulu waktu masih SD aku termasuk orang yang lumayan pandai.Aku selalu dapat ranking antara 1-3.Nilai ebtanasku rata-rata 9.Untuk pelajaran matematika (ebtanas) aku dapat nilai 10.Emang bener waktu itu aku kurang bisa bergaul.Tamat SD aku masuk SMP tervavorit di kota tempat tinggalku,Jogja.Aku masuk SMPN 5 Yogyakarta.

    Disekolah ini aku tumbuh menjadi anak bodoh,tetapi bukan karena aku berubah menjadi pintar bergaul.Aku masih sama sepeti waktu aku SD,tidak suka bergaul.

    Lulus SMP aku masuk SMU standar.di SMU aku semakin bodoh. Aku terlalu banyak bergaul dan bisa dikatakan kelewat batas untuk anak sekolah waktu itu.aku sering mabuk,bolos,tawuran dan sering merusak fasilitas umum.

    Lulus SMU aku kuliah di universitas yang bisa di bilang mutunya rendahan.Sekarang aku sudah semester 14 dan belum lulus(skripsi)

    Sekarang aku malas mengerjakan skripsi,bukan karena aku tidak bisa. Bahkan menurut saya skripsi sangatlah mudah untuk dikerjakan jika aku mau meluangkan waktu sedikit saja.

    Saat ini saya lebih enjoy jika membantu orang lain daripada mengerjakan pekerjaanku sendiri dan aku tidak suka dengan hal_hal yang mendetail.Aku lebih suka memfikirkan hakikat daripada fakta.tapi aku tidak suka tidur seperti yang anda jelaskan jika seseorang atropi otak kiri

  28. harry
    May 23, 2008 at 7:46 pm

    Saya sekali lagi mau tanya. Bagaimana cara mengaktifkan kedua belahan otak kita secara bersamaan?, dan Adakah pelatihan khusus untuk mengoptimalkan kerja otak kanan dan kiri

  29. May 24, 2008 at 7:18 am

    Kalau latihan terus terang saya tidak tahu.

    Tapi coba aja untuk melakukan aktivitas yang melibatkan otak kanan dan otak kiri secara seimbang.

    Kalau saya baca dari cerita mas hari, pada saat SD otak kiri mas lebih dominan dari otak kanan. Sementara untuk kasus yang terjadi di SMP itu karena faktor malas dari dalam diri mas sendiri. jadi dua-duanya jarang dilatih.

    Sewaktu SMA karena lingkungan yang menuntut untuk bergaul, otak kanan mas berkembang lebih baik daripada otak kiri. Karena kegiatan-kegiatan mas yang tidak teratur.

    Dan itu berlanjut sampai sekarang. Dan sepertinya mas itu artropi otak kiri

  30. Hariyanto
    June 18, 2008 at 12:48 pm

    Salam hangat,
    Saya adalah mahasiswa dengan otak kiri yang lebih besar dan saya adalah tipe orang auditori. Bagaimana cara untuk mengembangkan otak kanan sehingga saya bisa sebagai auditori sekaligus visualis secara seimbang?
    Terima kasih

    NB:Mohon di e-mail ke hariyanto_asikin@yahoo.co.id

  31. Sandhi
    July 10, 2008 at 1:25 pm

    Nah lo,
    Saya bingung ma posisi otak yang anda maksud.

    Kirinya kiri saya,
    ato kiri anda?

    Begitu juga dengan kanan,
    kanan saya atau kanan anda?

    Regards,
    Sandhi

  32. arinataoffice
    July 15, 2008 at 4:32 pm

    kayaknya ada yang salah ketik deh…?

  33. liana
    August 16, 2008 at 7:42 am

    artikel2 anda sangat menarik, sekarang apkah yang terjadi jika otak kiri seseorang tidak berkembang?

  34. Partogi
    August 20, 2008 at 7:06 pm

    saya kepala bagian kiri lebih besar (lebih panjang) dari kepala bagian kanan. pas saya teliti, dengan menggunakan telapak kanan tangan yang saya letakkan pada bagian belakang kepala, saya mendapati bahwa tangan saya miring (bagian ujung jari lebih condong ke belakang). yang saya ingin tanyakan adalah:
    -apakah ketidakseimbangan ukuran kepala saya ini normal?
    -apakah saya pengidap artropi otak kanan?

  35. unknown.
    October 5, 2008 at 6:09 pm

    tq,,artikelnya oke..sangat sangat amat berguna buat tugas sekolah akuu.
    tq ^^

  36. Msandarina
    October 15, 2008 at 3:45 pm

    hhhhhmmmm…ternyata cara kerjanya seprti itu…share aja gw juga lagi memikirkan tentang jalan otak gw…kayanya gw lagi kena arthopi otak kiri…belakangan gw cepet bgt lupa…and gak suka kalo kerjaan gw di tanyain mendetail cos gw bisa ribet jelasinnya…garis besarnya aja…and ini gak baik buat perkembangan carier gw yang mengharuskan gw jadi orang yang detail in everything…so any suggestion to keep in balance gak? minum Gingko biloba ngaruh gak yaaa…..thanks

  37. nur khamim
    October 25, 2008 at 8:14 pm

    otak kiri dan kanan itu bisa dilatih terus menyeimbangkan antara terus belajar, terus berlatih, terus sharing dengan masuk aktivitas di organisasi atau klub tertentu sbg sarana gaul dan berinterksi. intinya adalah dapat bemanfaat dan bermulti guna bg lingkungan.

  38. rudi
    December 2, 2008 at 10:14 am

    wahh… saya malah nggak tahu nih yang mana yang paling dominan fungsi kerja otak saya, soalnya semuanya biasa2 aja sih…. eh mas klo gitu gimana cara cari tau nya ya??? :D

  39. December 5, 2008 at 4:30 pm

    Ketemu juga jawabannya.

    Wah pantas aja ya, kenapa akhir2 ini saya sering males2an ngerjain tugas. hobi tidur dan maen game sj. kalau nyuruh diri sendiri latihan musik rasanya males. padahal saya ikt klmpk musik di kota saya.

    entah ada apa, tapi kok rasanya males bergaul. pingin menyendiri aja rasanya.

    emang bener sih kalau akhir 2 ini saya sering suka dgn hal yang ada hubungannya dengan mikir (analisis). Dan malas untuk ngerjain sesuatu yang ada hubungannya dengan kreasi.

    Wah kalau gitu, saya mau sering2 lagi maen musik lagi. Dan perbanyak ngeblog,
    kalau saya pikir (=otak kiri banget ya?), ngeblog juga aktivitas otak kanan juga lho.

  40. December 16, 2008 at 6:40 am

    Kayaknya otak kiriku udah menciut kali yach..aku mgkin kena atropi otak kiri krn aku emang lebih seneng seni dan duu lebih seneng bergaul drpd kuliah…smp IP-ku Nasakom. Tapi bukan berarti IQ jongkok, soalnya aku jarang ke kampus…otomatis catetan byk nggak ada…and sering nggak ikut ujian. Pdhl kalo lagi rajin nilai2ku jg bagus koq…tapi rajinku jarang…hehe
    Nah, sekarang aku punya masalah sama sholatku.
    Dulu waktu belum ngenal sholat khusyu…aku sholat perasaan nggak berat banget seperti sekarang.
    Tapi setelah aku berusaha buat sholat khusyu, aku malah seperti diterror oleh kata2 kotor yg sering diucap temen2 SMA-ku dulu. Padahal aku tuh paling sebel kao mereka ngomong jorok n nggak bener…n aku dulu nggak mau ikut2an ngomong kyk gitu.
    Dulu waktu sholat perasaan lancar2 aja walopun pikiran sering ngeloyor…tapi nggak pernih terlintas kata2 jorok dr temen2 SMA-ku. Tapi sekarang, giliran berusaha fokus, eh malah muncul tuh kata2aneh dan jorok…sampe2 aku harus berkali2 ngulang sholat…sampe pernah hampir 2 jam ngulang2 sholat sampe kakiku pegel, hati jd sedih krn sholat nggak bener.
    Tolong dong bantu aku temans…
    Sedih rasanya begini…
    Otakku jd stress sendiri….
    Gimana coba, masa’ menghadap Sang Pencipta tapi muncul kata2 kotor dlm hati…apa nggak stress nih otak…
    Gimana yach temans…tolong aku…
    Apa ini krn otakku nggak seimbang ato gmn?
    Aku udah berusaha ngilangin kata2 kotor temen2ku yg masuk ke lintasan sholatku…tapi semakin berusaha malah semakin keinget2 melulu…aduh capek banget…padahal bukan salahku aku sekolah SMA di situ dan bergaul dengan mereka…

    • angoo
      May 14, 2011 at 8:08 pm

      wah kalo itu perbuatan setan tuh waktu aku sma juga pernah ngalamin itu,aku ndiri bertanya-tanya ada apa dengan diriku,aku malu menanyakan pertanyaan ini lalu aku sengaja sholat dengan taman-teman saya yang ahli agama,agar aku tahu kenapa dengan saya,akupun sholat dengan keanehan biasa,pas udah selesai,ada temen aku yang bilang kalo ini adalah perbuatan setan kalo tidak salah namanya “walhan”,setan ini bertugas meragu-ragukan seseorang,dia biasa ganggu orang wudhu dan orang sholat.
      semoga bisa bermanfaaat

      • rady
        September 12, 2012 at 4:26 pm

        wah saya kasih jempol buat anda yang sudah berfikir untuk sholat dengan khusu, itu berarti kita sudah mengerti betapa pentingnya sholat, dan menurut saya sholat khusu itu sangat sulit sekali tapi kita harus tetap memperbaikinya… saya mencoba sebelum melakukan solat saya pejamkan mata dan mohon ijin kepada Allah SWT untuk menghadap dan membaca surat anas… selamat mencoba ya smoga amal ibadah kita diterima Allah SWT, Amin. mm

  41. December 16, 2008 at 6:56 am

    Aku mau nambahin lagi curhatku sebelumnya…
    Aku pernah denger, katanya otak itu seperti perekam…dia banyak merekam hal2 walopun si manusia ini gak sadar.
    Katanya, si otak ini menyimpan resonansi kata…apalagi kata2 yg didengar secara berulang.
    Dan suatu saat tanpa disadari rekaman2 ini bisa muncul…
    Nah aku tuh sebelnya, kenapa ni kata2 kotor ala teman2 SMA-ku muncul pas lg sholat aja…
    Bete banget dech…lagipula aku udah lama banget nggak ketemu mereka yg suka ngomong kotor itu…
    Tapi kalo keinget wajah2 mereka…yang keinget kata2 kotornya…
    Aku harus cari bantuan kemana yach buat ngapus memori itu? Selain berdoa kan harus ikhtiar jg…
    Apa harus ke dokter jiwa yach…tapi aku kan nggak gila…tapi terus terang stress berat nih…

    • December 16, 2008 at 8:07 am

      Waktu sholat jangan mikir yng nggak2 aja Tor, Konsen ke sholat sama bacaan-bacaan sholat aja.

  42. December 16, 2008 at 3:32 pm

    Aduh pak, aku udah sekuat tenaga konsen ke sholat sama bacaan…pernah jg tiap bacaan diartiin dalam hati.
    Tapi tetep aja tiba2 nongol lagi nongol lagi tuh kata2 aneh…
    Kayaknya ada yg berusaha ngalihin perhatianku gt deh…
    Jadi karena feeling guilty akhirnya aku ulang lagi sholatnya…
    Apa ini pengaruh jg dari penciutan salah satu otak?

  43. January 7, 2009 at 5:26 pm

    kalau profesinya banyak menuntut otak kiri gmana lagi … mungkin kah situs2 jejaring sosial saat ini bisa memberikan solusi untuk otak kanan? … salam kenal :-D

  44. January 12, 2009 at 12:23 am

    saya punya trik biar pekerjaan di depan komputer bisa lancar…
    sebenarnya enggak sadar juga. kalau sewaktu ngetik atau bikin tugas, skripsi atau apalah. tapi ini cukup berhasil…
    strategiyaadalah otak kanan dan kiri harus dapat porsi sama.
    kalau ngetik atau bikin tugas di komputer, pinginnya cuma maen game atau surfing internet (kalo ada koneksi).
    nah biasanya njaga supaya kerjaan selesai susah sekali. triknya:
    setel video film atau dokumenter atau tv tuner internal, sambil ngerjain tugas.
    secara nggak sadar otak kanan akan mengkonsumsi tampilan gambar2 yang bergerak dinamis tersebut. dan otak kiri tetap pada kerjaan.
    bisa juga dengan nyetel winamp dan di start program visualizationnya.
    oke. goodluck.

  45. anna farida
    January 20, 2009 at 4:28 pm

    topik bagus deh buat ibu2 …:-)

  46. M. Nur Said
    January 22, 2009 at 6:50 am

    Ente hebat Jon ! maksud ane Suharjono ! Kalau pengalaman ane ketika ikut training ESQ dan pelatihan shalat Khusyu’, justru dengan shalat-lah otak kanan dan otak kiri bisa berfungsi dengan baik dan seimbang. Dan sebetulnya gambar otak kalau posisi yang pas adalah seperti gambar orang lagi sujud dalam shalat. Gimana?

  47. yanuar dbl
    February 9, 2009 at 2:41 pm

    Salah satu cara paling komplit ngerjain otak kanan or kiri adalah main play station 2, tinggal atur2 aja jam mainnya biar ga ganggu kerjaan laen, misal gamenya yang rampage, race, adventure, speed, ampe yg IQ deh komplit maenin semua tiap hari. btw IQ gw 122 bisa meningkat ampe 124 n bisa lebih lagi

  48. jerry
    February 13, 2009 at 1:29 am

    salam budaya tuk smua…
    dri tulisan diatas..bnyak yg mempertanyakan gmna nyeimbangin otak kiri dan otak kanan..?saran saya…kwan2 smua bsa bca BUKU PINTAR MIND MAP krya tony buzan..thanks

  49. me
    March 2, 2009 at 8:58 pm

    otak sy ngga sinkron gara2 temenan sama 20 Cowo,.
    yang ada udah selesai kursus,.
    ngetik aja sy ngga bisa,.
    dasar co bego padaaaaaaa

    bner2 pengalaman aneh,.
    sekarang untuk mikir aja lamaaa banget
    mau ngapa2in susah,.
    jadi lemot banget,.
    butuh waktu sendiri untuk mikir kalo apa2,.
    tapi untungnya tuhan masih sayang sama gw

    gw masih napas ampe sekarang,.
    me_ somewhere_07041986

  50. March 4, 2009 at 8:44 am

    mas tolong donk aq

  51. March 4, 2009 at 8:47 am

    mas tolong donk gmana carany menyembuhkan artropi otak kiri dan sering ketiduran mas tolong ya
    tolong kirim jawabn nya ke email aq arozaqqy@yahoo.com

  52. March 4, 2009 at 8:50 am

    parah banget aq nih mulainya tuh ketika aq di sma gue males bangt dengerin pak guru bicara dan yang paling gue dsenengin tuh nglukis melulu

    • sofyan
      July 6, 2012 at 9:31 am

      slm. kamu sama banget dgn masa lalu saya. tp sy sdh dpt solusinya. kamu dah bisa ngatasin apa blm?

  53. toyind
    March 8, 2009 at 9:14 am

    dari baca sebagian comen di atas asik juga, pengalaman pak Suharjono mirip dengan pengalamanku juga,
    dari SD agak berpretasi ampe pertengahan SMA tu pun kadang-kadang, tapi waktu SMA pernah ikut kayak kajian jamaah islam gitu, di sana diajarin tentang berbagai adab-adab yang berkaitan dengan keseharian, dari bangun tidur ampe tidur lagi.
    persaan dari dulu aku jadi anak yang ga gaul gitu, ampe sekarang mungkin kali ya, dengan prinsip kita bergaul harus ada manfaatnya ga cuma nyari seneng2, hura-hura, kalo pas hura-hura malaikat Isroil datang kan bisa gawat tu
    dari hasil ikut kajian tu jadi agak terbuka hatiku, kita butuh bersosialisasi, pinter tapi kalo ga gaul sama aja orang egois, pinter dimakan sendiri, tapi kalo ke-gaul-en sih bisa rugi akhirat pren, ingat loh, kita masih ada kehidupan yang selanjutnya, yang lebih membahagiakan
    mulai dari sana otak kananku perasaan mulai aktif, mungkin efek dari kajian kali yaaa
    jadi lebih ngertiin orang lain, mo bersikap lebih mementingkan kepentingan umum, respek ma orang lain & lingkungan deh pokoknya, dan yang lebih penting jadi lebih bersyukur ma ALLOH SWT
    so………
    menurutku dengan kita lebih mendekatkan diri ma ALLOH yang ngatur semua, menerima apa yang ada pada diri kita dan mensyukuri semua nikmat dari-Nya dengan jalan lebih banyak beribadah padanya, insyaAlloh semua masalah mudah terpecahkan, selain itu pikiran jadi lancar, hati jadi tenang, n rejeki jadi ngalir terus
    gitu……
    semoga temen2 semua yang sedang ada masalah & kesulitan yang menyesakkan segera diberi secercah sinar harapan yang menyejukkan, aminnnnn….
    he h
    kalo temen2 mo sharing bersama, bisa email 3kawuloalit@gmail.com

    n matur tengkyu pak Suharjono

  54. March 17, 2009 at 3:15 pm

    nice topic :)

  55. supriyani
    April 20, 2009 at 10:47 am

    bagaimana cara menyeimbangakan penggunaan otak kiri / otak kanan?

    • April 21, 2009 at 6:14 pm

      Aduh… susah saya menjawabnya… itu cuma cerita pengalaman saja kok…

      Jawaban asal: coba maksimalkan penggunaan otak kanan dan otak kiri dengan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan keduanya..

  56. May 25, 2009 at 2:11 pm

    pa menurut saya thats rigth babe ..

    i agree with u !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  57. bagus
    June 2, 2009 at 6:58 pm

    waduh..perasaan otak kanan dan kiriku semuanya mengalami artropi nichh….tolongngngng…………..

  58. kyoto
    June 3, 2009 at 12:08 pm

    pantes aja ada yg beda dr diri aQ, ternyata aQ selama ini mengalami atropi otak.
    Sejak SMP aQ mengalami atropi otak kanan and mulai masuk kuliah malah kebalikannya aQ mengalami atropi otak kiri..
    g enak ni klo g seimbang!

  59. BAgus
    June 3, 2009 at 3:32 pm

    ne ada tips latihan,biar otak seimbang..:
    kalau km antropi kanan selalu posisikan kepalamu untuk miring ke kanan..
    kalau km antropi kiri selalu posisikan kepalamu untuk miring ke kiri..
    jika anda berhasil melakukannya, maka segera periksakan diri anda ke RSJ,oke2…

  60. hasbi
    June 6, 2009 at 12:17 pm

    wik, kecelik. .. bener arek2 kurang lengkap le.

  61. Vinie
    June 25, 2009 at 10:00 am

    Hy, salam knal sebelumnya.
    saya sering bingung sama kinerja otak.
    setahu saya, aktifitas tubuh bagian kanan, dikendalikan sama otak kiri, terus..aktifitas tubuh bagian kiri, dikendalikan sama otak kanan.
    Kan klo manusia punya kinerja otak yang seimbang, itu bagus n perfect.
    Tp, yang saya mau tanyakan disini adalah, Apa benar klo kita bisa melakukan 2 aktifitas berbeda pd anggota tubuh kita yg berlawanan secara bersamaan dan dalam 1 waktu(contoh : pd tangan kanan dan kiri kita ), apa itu berarti kinerja otak kita dikatakan seimbang?

    tolong replay ke : viniedirga@gmail.com

    thx b4.. :)

  62. alviani
    June 26, 2009 at 9:00 am

    Wah..sy seneng bngt baca pengalaman kmu…sangat menarik. ya wlw pun g begitu detail. tp sangt membantu…oya sy termasuk org yg lemah di otak kiri. kira2 ada g sih tips2 gmna carax membuat keseimbangan kedua otak kita??
    bls ke email sy aja ya. Trima kasih bnyak. sukses selalu buat kamu.

  63. yuliadoank
    June 29, 2009 at 1:12 pm

    hallo salam kenal…
    bagus juga blog nya…
    Kunjungi blog aku juga donk
    yuliadoank.wordpress.com
    Tapi masih tahap belajar…

  64. Bagus Pinaringan Gusti
    September 2, 2009 at 4:40 pm

    Otak kanan saya bebel otak kiri juga bebel jadi saya sedang sedang saja.salam kenal buat semua.

  65. kalverius ginting
    September 29, 2009 at 5:11 am

    kayaknya menarik jg untuk di coba
    aku akan coba semoga apa yang anda
    tulis d blog ini
    bermanfaat
    bagi semua orang
    thanks so much
    i hope your statment so really in our live

  66. October 7, 2009 at 5:31 pm

    Tulisan ini sangat menarik untuk di baca apalagi bila kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, dan saat ini saya sering sekali merasa lemah, putus asa, seolah- olah saya tidak punya tujuan hidup tapi bila saya sudah membaca artikel seperti ini saya baru bisa bangkit kembali dari rasa lembah ini. terimah kasih banyak buat penulis blog ini.

  67. October 7, 2009 at 10:12 pm

    ternyata otak kiri dan kanan memiliki keseimbangan yg yang berbeda.

  68. October 7, 2009 at 10:15 pm

    ternyata otak kiri dan otak kanan memiliki keseimbanganyang berbeda. selain itu memiliki perbedaan fungsi,,,,,,,,,,,,^-^

  69. October 7, 2009 at 10:17 pm

    ternyata otak kiri dan otak kanan memiliki keseimbangan yang berbeda. selain itu memiliki perbedaan fungsi,,,,,,,,,,,,^-^

  70. October 8, 2009 at 11:21 am

    klo yg dominan kiri itu biasanya yg kiri pening coy, dan sebaliknya. tapi klo seimbang sih baik baik aja bukan

  71. October 12, 2009 at 9:09 pm

    Benar mas! selain itu, kerumitan dari struktur dan bentuk otak manusia (seperti orang sujud) juga memperlihatkan kekuasaan sang pencipta…

  72. haryadhi
    October 30, 2009 at 5:43 pm

    @ marin :
    membandingkan otak kanan dengan jari telunjuk dan jari manis itu salah besar.
    saya nonton di channel BBC Knowledge.. cara itu bukan untuk membandingkan keseimbangan otak. melainkan keseimbangan hormon estrogen (hormon dominan wanita) dan hormon testosteron (hormon dominan pria).

    jari telunjuk menandakan kada hormon estrogen, sedangkan jari manis lebih menandakan kadar hormon testosteron.

    jika jari telunjuk lebih panjang dari pada jari manis, hal itu menandakan tingkat feminitasnya tinggi.
    sedangkan sebaliknya, jika jari manis lebih panjang daripada telunjuk, hal itu menandakan tingkat maskulinitasnya tinggi.

  73. pidong
    November 14, 2009 at 12:15 am

    kalau kamu ingin mengetahui.klik link di atas.jika gambar searah berputar searah jarum jam itu artinya otak kanan kmu lebih dominan.jika gambar berputar berlawan jarum jam itu artinya otak kirimu lebih dominan

  74. mas yanto nih
    November 26, 2009 at 12:36 pm

    kata orang kalo begok dibilang OTAK UDANG, padahal yang ngomong gitu sebenarnya orang yang paling begok sejagat. Otak UDANG paling banyak vitamin dll lho

  75. unname
    November 28, 2009 at 4:19 pm

    kenapa orang bego dibilang OTAK UDANG??? karena udang itu menyimpan kotorannya pd tempurung bagian kepalanya. Makanya ketika kita makan udang, dikupas dulu kulit yg ada di kepalanya. Selain keras, juga untuk membuang kotorannya.
    Berarti yg selama ini mas makan???????

  76. January 5, 2010 at 2:50 pm

    Untuk yang ingin melihat kehebatan otak kanan, boleh dibaca buku Misteri Otak Kanan Manusia karangan Daniel Pink, saya beli murah di pameran buku cuma 25 ribu saja. Tapi isinya menakjubkan, meskipun mbacanya agak ribet dikit

  77. January 5, 2010 at 2:52 pm

    Ingin melihat kehebatan otak kanan, boleh dibaca buku Misteri Otak Kanan Manusia karangan Daniel Pink, saya beli murah di pameran buku cuma 25 ribu saja. Tapi isinya menakjubkan, meskipun mbacanya agak ribet dikit

  78. January 15, 2010 at 6:58 pm

    Bermain Rubik’s Cube dapat membantu anak-anak untuk mengembangkan kebiasaan baik seperti kesabaran. Untuk memecahkan setiap skenario kubus menggunakan jumlah paling sedikit langkah ini tidak mudah: Kita harus berpikir perlahan. Tidak ada ruang untuk menebak karena kesalahan menebak merusak kerja yang dilakukan dalam satu jam terakhir.

  79. lizam
    January 22, 2010 at 2:42 pm

    saya ingin tanya bagaimana caranya menyeimbangkan antara otak kanan dan kiri. saya ini juara 1 LKS Jateng . tapi dulu waktu SD saya pernah hampir tak naik kelas eg. n emang orangnya bodoh . tapi kok sekarang bisa kayak gini. emang otak saya gimana???? untuk menjaga otakku agar tidak kembali seperti dulu gimana?

  80. Rangga Ahadi Putra
    January 24, 2010 at 5:29 pm

    Memang benar,kesuksesan itu ada pada keseimbangan..barangsiapa yg mampu menyeimbangtkan smua aapek khidpannya mka dia akan sukses dan bahagia,saya adlah salah satu org yang lebih dominan otak kanan,dan skarang saya sadar untukmncapai “sukses” itu perlu skill untuk menyeimbangan antara otak kiri dan otak kanan..

  81. asep
    February 21, 2010 at 5:58 pm
  82. February 27, 2010 at 3:18 pm

    sukses keseimbangan otak kanan dan otak kiri,cara nimbangx gimana niiic

  83. efe
    March 2, 2010 at 5:14 pm

    gmn crax nteimbangin cra krja otak kanan & kri…
    dan gmn m’bdakn kt mgnakn otk knan atw kri…

    ^_^krm k email gw ia…^-^

  84. March 9, 2010 at 11:49 am

    sorry bang masih belum jelas perbandingan antara otak kiri dengan otak kanan..bisa di perjelas lagi..
    kalau gua sendiri kayaknya masuk di otak kiri tapi gua bingung maksudnya di atas tuh yang atropi otak kiri..bisa di perjelas..

  85. aqli dudlle boys
    March 21, 2010 at 7:29 pm

    Gua percaya sich klu mau sukses tuch,hrus ngimbaingin otak kana dan kiri tapi Gmana nich cara ngimbanngin nya?
    kalau mental kurang itu termasuk bagian otak mana ya?
    hrap di balas ya???

  86. maya
    April 1, 2010 at 2:07 pm

    halo,salm knal
    nie q nak klass 2 smk.tolong jelasin gimana caranya mengindentifikasi klw kta itu wktu mengerjakn sesuatu memakai otak kanan atu kiri gmana???trus gmana caranya menyeimbangkan otak keduanya….,,,
    tolong di blz di email q aza yaCh….
    ThANx,,,dan harp di balz

  87. wisnugroho
    April 13, 2010 at 12:51 pm

    kita bangsa indonesia memang didik oleh leluhur kita banyak menggunakan tubuh bagian kanan. maka otak yg kita gunakaan otak kiri. maka mari kita gunakan anggota tubuh bagian kiri. supaya kerja otak bisa seimbang.

  88. ade susanto
    April 16, 2010 at 10:23 am

    waach hebat banget nich……….
    saya kan cenderung artropi otak kiri
    nach itu cara untuk memaksimalkan kemampuan otak kiri kita gimana ya mas…….?

  89. April 17, 2010 at 9:44 pm

    Artikel mantap…. smoga sukses

  90. nonie
    April 18, 2010 at 4:23 pm

    waaaawww……………….

  91. April 19, 2010 at 10:50 am

    waww…terinpirasi dari mana ni ?
    kemampuan otak kanan dan kiri memang berbeda, tapi ada kalanya mereka akan tidak dapat lagi beker secara normal…gimana ya kita ngatasin masalah itu ? (seandainya terjadi)
    thanks

  92. ardy
    April 20, 2010 at 11:00 am

    keseimbangan otak kiri dan kanan harus digunakan setiap hari tapi jangan dipakai bersamaan setiap saat dipakai bergantian misalnya kalau kita mengerjakan laporan keuangan otak kiri yang digunakan kalau yang berhubungan dengan ide,pemecahan masalah, intuisi, kreatifitas gunakanlah otak kanan.

  93. ganang
    April 24, 2010 at 11:06 pm

    ya kita bersukur tuhan menciptakan otak kiri dan kanan yang punya tugas masing2.bagaimana kegunaan tergantung diri kita masing2 .agar kita brfikir bekerja berkreasi berinovasi untuk mencapai manusia yang mendekati sempurna

  94. May 21, 2010 at 5:01 pm

    tq infonya

  95. June 19, 2010 at 2:33 pm

    artikel elo top abis berman faat dan gue juga persis elo tapi gue emang seniman yang dominan fungsi otak kanan, dari pada otak kiri…trim masukannya salam sukses selalu

  96. June 29, 2010 at 8:37 am

    setuju mas, yang lebih bagus memang yang seimbang… sip sip.. makasih infonya mas..

  97. tity
    July 2, 2010 at 9:13 pm

    hai….lam kenal….tuk anda dan semua yang comen tentang artikel ini. pengayaan buat gue. gue termasuk orang yang “kadang-kadang”. Gue suka ngerjain segala sesuatu dengan detail, step by step, tapi juga suka cape kalo harus berpikir detail. terkadang enjoy bisa mengerjakan sesuatu dengan detail, terkadang lebih enjoy berhasil mengerjakan sesuatu dengan cara nyeleneh. gua suka matematik, tapi gua juga membuat prakarya yang gak umum, sampe anak2 gua heran kok bisa ya….gua bahagia bisa ngebetulin listrik korslet, genteng bocor, macul atau sibuk mencari jawab soal fisika anakku. Hi …hi….maruk amat….ya….Gua gak terlalu mentingin lagi deh otak mana yang sekarang aktif. Tapi gua suka dan berharap anak-anak gua tidak hanya jadi pintar tapi cerdas dan punya hati.
    kegiatan-kegiatan motorik, akan merasang berkembangnya otak kanan, melihat, peduli sekitar lalu bertanya dan mencari jawab merasang berkembangnya otak kiri. kayanya gitu deh, menurut pengalaman.
    BTW…..buat smua-mua….jangan terlalu kuatir dengan kondisi otak anda sekarang….karena karakteristik otak yang diciptakan Allah untuk anda tentu punya maksud tersendiri. Allah tidak pernah salah dalam merencanakan sesuatu. seorang seniman terlahir dari kemampuan otak kanannya yang hebat, seorang profesor besar dari berkembang optimalnya otak kiri.
    mau kiri ato kanan…..jangan lupakan kalo kita juga dibekali dengan hati……
    njang…panjang…buanget ta iye…..
    share ye…..

  98. shan
    July 7, 2010 at 10:23 am

    wah bagus, bagus..

    logikanya cuma dibolak balik aja tapi sebutan artropi itu menarik dan membantu banget. hahhaa. keren .

  99. shinta
    August 4, 2010 at 10:03 am

    aku udah baca,bagus bgt.otak kirinya capek kali…dari SD ampe SMA mencetak prestasi,jd pas KUL giliran otak kanan yang beraksi…HhHhHhHhhhHhHHh…. :-)

  100. nanung
    September 16, 2010 at 3:58 pm

    halo om, salam kenal. kalo saya dr dulu kayak ny cenderung otak kanan. nilai rapor saya jelek terus, pas kuliah kl gak suka sm dosen saya bolos. peljrn bg saya bkn dr tingkt kesulitan ny, tp suka tdk ny. saya benci peljrn bahs,ips, akuntasi,geografi,agama (bkn berarti saya kafir, kesenian,ppkn. dlu matematika dr sd sampe smp kelas 1 jelek trs, kadang angka 5 yg nongol. tp kmdn saya sadar,dan saya sangt suka dgn matematika, ipa, kimia, biologi. meski nilai brbh drastis, tetep ampe skrng cendrung kanan.
    skrng saya bekerja di medical rep, ktk training medical, meski temen2 sibuk bljr, saya gak suka belajr, bkn berarti saya kepinteren atau krn bodoh ny, mungkin krn orng yg condong otak kanan itu lbh imajinatif, jd ketika di terangkan, imajinasi saya yg main, saya gak apal, tp reti garis besar n tinggal menjabarkan. tp kl udh giliran apaln, dosis, harga dll, nyerah saya.
    stlh tahu otak kanan kiri, saya sadar, pantesan saya bego, nilai saya jelek melulu.
    moto saya sekarang
    BIAR BEGO YG PENTING BELAGU
    BIAR MISKIN YG PENTING SOMBONG
    BIAR KERE HOBI KAROEKE
    oh iya bener pak, hobi tidur, tiap kali pelajarn yg tdk saya suka, saya tidur trs, meski udh cr bangk paling depan, tetep aj molor. ampe guru saya ngira saya punya penyakit amandel
    tp kan pd dasarny, entah kanan atau kiri, tiap manusia mpyi kelebihan n kekurangan masing2. perbedaan keanekaragaman, untuk kesempurnaan saling melengkapi untuk kehidupan bersama.

  101. buyung
    September 22, 2010 at 3:29 am

    kiri kanan atas bawah okey

  102. September 30, 2010 at 3:47 pm

    seharusnya ada perbedaan dan macam macam kecerdasan dan contoh orang orang yang berhasil dalam kecrdesannya sendiri

  103. October 2, 2010 at 4:25 pm

    ya mana yg mana kunci sukusus harus ya sih mana letak keretafitas gak ada kali ya sih mana harus ya ada kerefitas ketertrampilan gaka ada tuh perusahana mau membayara sih tapi apa bisa ciptakan bekerja sebaik ya contoh ya apa ya kacung ya

  104. riix
    November 16, 2010 at 8:39 pm

    yg pnting mo kanan pa kiri ttp oce.d

  105. December 23, 2010 at 2:45 pm

    tergangtung dari orang ya ujga kali ya

  106. kenoxs
    December 27, 2010 at 4:36 pm

    tanks brother infonya…..

  107. maison
    January 12, 2011 at 11:20 am

    makasih atas infonya,tp gmana sish cara menyeimbangkan cara kerja kedua bagian otak itu…

  108. hesti susanti
    January 22, 2011 at 5:34 pm

    saya ingin tahu bagaimana cara yg tepat/bagus untuk memaksimalkan otak kanan..

  109. fery
    February 5, 2011 at 3:55 pm

    Artikelnya bagus mas. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Amien.

  110. February 9, 2011 at 6:02 pm

    sampe sekarang saya masih bingung apakah saya dominan menggunakan otak kiri ataukah otak kanan

  111. aji
    February 9, 2011 at 8:27 pm

    Kalo mau jalan otak kanan dan kirinya harus didahulukan otak kanannya dulu maka otak kirinya akan ikut. Tapi tdk sebaliknya.

  112. March 18, 2011 at 4:10 pm

    aku jd lbh memahami
    tenks yach…

  113. April 10, 2011 at 6:26 am

    otak kalian tu pd sakit kli

  114. May 19, 2011 at 11:35 pm

    ok sekali,,,, ada hal yang pingin bgtz gwe cari jalan kluarnya ,,, salah satunya saat qt dalam pemikiran stres emosi melunjak,,,,, apa yang harus qt lakukan,,,,??????

  115. annaa fiiu
    June 7, 2011 at 8:29 am

    Dengan menyeimbangkan antara otak kanan dan otak kiri kita dapat sukses.

  116. June 7, 2011 at 9:22 pm

    o0o0o gitu yaa….sekarang aku baru mengerti..:D
    tanks pencerahan.x ….
    Otak saya hnya yg berfungsi sebelah kanan saja…
    bisa berkreatif seperti menggambar…
    sedangkan yg kiri ngeblong, misalnya gk bisa di plajaran matematika…..:(
    jadi saya harus lebih mengimbangkan Otak saya..
    oooo gitu yaa….
    tanks tanks tanks tanks…:D

  117. kalmion
    June 13, 2011 at 12:14 am

    aq kalmion…….
    aq mu tanya otak kanan n otak kiri yg mn sering orak gunakan di kehidupan sehari-hari ??

    bls di email aq ya cezz. ^_^

  118. Bung
    June 22, 2011 at 3:41 pm

    Permisi numpang lewat ya……
    Otak kiri cendrung Lurus2 sajah…
    Otak kanan Variatif……….,kalau mau jadi Pengusaha sebaiknya asah Otak kanan….
    dan Funakan otak kanan…….

  119. abdul hamid
    June 28, 2011 at 4:22 pm

    slm hangat ,, aku hamid ,,, akhir2 ini sering merasakan bahwa otak kiriku rasanya cenut2,, dan itu sangat mengganggu dalam proses belajarku,, aku alhamdulillah pandai dalam matematika,, dan sekarang aku ingin pandai dalam ilmu fisika,, karena fisika mencakup banyak segi kehidupan,, aku sering sekali menggunakan otak kiri untuk berfikir..

    yang aku tanyakan ,, penyakit apa yang ada di otok kiri saya ini ????? soalny sangat mengganggu sekali dalam proses belajarku……tolong jawabanya…
    bales di email aku aja…..

  120. July 9, 2011 at 12:04 pm

    mantep gan thanks dah berbagi, n poting balik nichh,,,,

  121. October 16, 2011 at 8:17 am

    Pada umum.nya memang gak mudah menyeimbangi fungsi otak kanan d/ otak kiri…. tp sangat baik bila kita belajar u/ menggunakannya secara berimbang…biar gak ada yg ‘cemburu’ salah satu otak yg kita punya he he he

  122. elma,,,Vhalembang...
    October 19, 2011 at 9:42 pm

    salam kenalnya….^^

    memang sangat benar dan penting antara otak kanan dan kiri harus dapat di seimbangkan untuk mempermudah dalam proses pembelajaran..

    bagaimana sech cara yang efektif untuk menyeimbangkan dari ke 2 otak tersebut ?

  123. October 23, 2011 at 8:05 pm

    top infonya,,,mantabs

  124. November 1, 2011 at 10:22 am

    Artikel bagus mas bro…. kebetulan untuk menyeimbangkan otak kanan dan kiri saya pake CD Brain Builder dari DigitalPrayers Technology efeknya terasa bgt setelah 40 hari latihan :) info lengkapnya monggo ada disini http://digitalprayers.com/products/digital-mind-series/

  125. zulfikar latuconsina
    December 5, 2011 at 11:25 pm

    kalo selama ini emosi gua lebih dominan dari logika, apa solusinya ya buat asah otak kiri gua. tapi solusinya jngan jauh-jauh dari kegiatan anak muda sehari hari. tolong pendapatnya

  126. January 2, 2012 at 12:56 pm

    good info… thanks..

  127. bella
    January 27, 2012 at 2:48 pm

    ikutan komen ya. bagus juga km membagi pengalaman pribadi soal fungsi otak kanan dan kiri. cm mnrt saya, dr IP kamu yg turun dr 3,46 ke 3,25 itu mah nggak parah, jd agak berlebihan kl dibilang parah. hehehe…mnrt saya, itu adalah proses penyesuaian disaat km mulai mengaktifkan fungsi otak kanan kamu. itu hanya masalah adaptasi saja krn kedua otak sedang proses utk saling fungsi silang. yg parah kl turun anjlok sampe angka 2 atau 1 IPnya. jd pendapat saya itu sangat normal kog, bahkan termasuk masih bagus kamu menjaga keseimbangan proses peningkatan otak kanan km dgn hanya anjlok dgn angka tipis itu. ok. good utk share nya.

  128. kusuma
    August 21, 2012 at 12:57 am

    thanks a atas infonya ya kak!!!

  129. awal
    October 13, 2012 at 10:44 pm

    nice info…thanks…good luck bro

  130. November 15, 2012 at 10:37 pm

    aku belum tau mana yang lebih dominan antara otak kiri dan kanan yang ada pada diriku

  131. November 16, 2012 at 5:28 pm

    Subhanallah,
    terima kasih sahabat.

  132. monica
    December 31, 2012 at 11:10 am

    infonya bermutu. Great!

  133. August 4, 2013 at 10:00 am

    Thanks artikelnya sipz, w jdi tw knapa w sering tdur hehehe.
    Jdi klo kita mau menyeimbangkan Kemampuan otak kanan dengan otak kiri harus rajin belajar tpi juga harus sering bergaul juga yaah….

  134. kiki ismah
    April 11, 2014 at 12:14 pm

    Kalo lebih suka pelajaran agama n’ ga suka mapel” kyak mtk, ipa, b.inggris, ituu berarti otak kanan pa kiri?
    Tolong d jwb lewat e-mail ya..
    Thanks nih, wt info’y..

  135. June 19, 2014 at 12:48 am

    TERIMA KASIH UNTUK KEPERCAYAAN NYA KEPADA KAMI..
    SEKARANG OLIVIACLUB AKAN MELAKUKAN PROMO NIH… NYUK JGN LUPA UNTUK MENGAJAK TEMEN2 IKUT:

    PROMO OLIVIACLUB AKHIR BULAN….!!!!
    promo oliviaclub kali ini adalah promo deposit akan mendapatkan bonus chip sebesar nilai deposit yang disetorkan
    jadi untuk para pecinta poker oliviaclub yang sudah lama mendaftar ataupun yang baru melakukan register.. akan bisa mengikuti promo ini…

    SYARAT DAN KETENTUAN

    1.pemain dapat mengklaim bonus promo melalui live chat kami

    2.pemain yang mengikuti promo tidak akan bisa melakukan WD sebelum turnover/fee/pajak belum mencapai 30 x lipat dari angka deposit.

    3.minimal deposit untuk promo ini adalah Rp.50.000
    maximal deposit adalah Rp.200.000
    apabila ada pemain yang melakukan deposit diatas 200rb rupiah..
    hanya 200rb yang akan di hitung untuk mendapatkan bonus
    promo ini

    4. apabila pemain melakukan deposit sebanyak 50rb akan
    mendapatkan bonus 50rb.. dan apabila chip habis dan melakukan
    deposit 50rb lagi maka harus menunggu selama 6 jam terlebih
    dahulu sebelum dapat mengklaim bonus 100% dari
    angkadeposit..
    batas maksimal klaim bonus tetap max deposit 200rb per hari

    5. klaim bonus promo berlaku 1×12 jam..
    para pemain diharuskan mengklaim bonus sebelum bermain..jika
    ada pemain yang melakukan deposit dan bermain..
    baru setelah bermain mengklaim bonus..maka tidak akan dilayani

    6.PROMO OLIVIACLUB ini dapat berakhir sewaktu waktu tanpa
    pemberitahuan terlebih dahulu

    7.keputusan pihak OLIVIACLUB tidak dapat diganggu gugat dan
    mutlak

    CARA MENGKLAIM BONUS PROMO :

    1.setelah melakukan register dan deposit maka pemain harus melakukan login dan masuk ke menu memo,tulis subjek klaim voucher promo
    2.admin OLIVIACLUB akan segera membalas memo anda dan
    memberikan kode voucher.
    3.setelah menerima kode voucher silakan menuju menu deposit
    isi kan formulir deposit sebagaimana anda biasa melakukan deposit.
    setelah itu pada kolom keterangan di menu deposit silakan anda tuliskan kode voucher yang telah diberikan
    4.silakan gunakan jasa live chat kami untuk membantu anda dalam mengklaim bonus PROMO OLIVIACLUB

    WARNING….!!!!!
    apabila pemain belum melakukan deposit dan mencoba untuk mengklaim bonus.. maka id akan kami blokir/delete secara permanen.
    transfer chip tidak di perbolehkan dan akan di tindak tegas

  136. October 2, 2014 at 1:35 pm

    Study how it’s made the detailing of joinery, quality of
    kitchen cabinets inner surfaces, fit of the pieces to be
    joined are cut in a triangular shape. It has a built in on/off censor so you can prepare and enjoy
    a well organized, beautiful kitchen. One good thing about these kitchen cabinets turn out
    to be a kitchen designer in no time. Kitchen Cabinets add a discrete and a unique ambiance than those manufactured from other materials, plywood and solid lumber.

  1. May 24, 2009 at 11:57 pm
  2. January 28, 2010 at 4:58 pm
  3. February 3, 2010 at 1:26 am

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

