Home > Pengalaman, Tips n Tricks > Install Font Windows (TTF) di linux

Install Font Windows (TTF) di linux

Beberapa hari lalu gue baru dapet ilmu baru tentang dunia per-linux-an. Gue akan coba membagi ilmu baru tersebut ke temen-temen semua. Mudah-mudahan bisa berguna buat temen-temen. Beberapa hari lalu gue mencoba membuat dokumen pake openoffice di linux Ubuntu tepatnya –biasanya gue pake OpenOffice di Windows– untuk tugas kuliah Desain dan Analisis Algoritma, mata kulah yang gue dapet di Ilmu Komputer. Awalnya gue nggak sadar dan merasa baik-baik aja. Tapi akhirnya gue sadar kalo huruf yang ada di linux itu nggak ada yang sama dengan yang gue biasa pake di Windows. Katakanlah Times New Roman, Verdana ataupun Trebuchet nggak ada di situ. Setelah browsing-browing, akhirnya gue nemuin cara gimana make font windows di linux. Berikut adalah beberapa cara yang gue dapet dah dah gue coba di kompi lab Fasilkom UI.

Sebenernya ada dua cara buat make font windows di linux (sejauh yang gue tau ya..). Cara pertama kalo lo nggak punya hak penuh atas komputer yang lo pake alias loe cuma bisa login dalam user mode. Caranya gampang dan simple banget. Copy aja file font yang mau loe pake ke folder “.fonts” yang ada di home folder loe, biasanya foldernya hidden. Buat liat hidden file coba klik menu View>Show Hidden Files di menu Nautilus aja –kalau anda pengguna gnome–. Kalau nggak ada foldernya, buat aja, gitu aja kok repot… Setelah langkah itu selamat menikmati font windows di linux. Tapi sayangnya font yang anda bisa nikmati itu tidak bisa dinikmati oleh user lain. Untuk membuat semua user bisa menggunakan font itu gampangnya copy aja folder “.font” ke semua home semua user. Tapi cara itu melelahkan banget, bayangin aja kalo ada 1000 user. Untuk mengatasi masalah tersebut gunakanlah cara kedua.

Seperti yang gue bilang tadi cara kedua ini memerlukan previlege root mode. Langkah pertama berubahlah jadi root. Atau kalo nggak mau jadi root silakan ber-repot ria pake sudo – sudo an. Setelah jadi root, coba buat folder di “/usr/share/fonts/truetypes” misalnya “/usr/share/fonts/truetypes/fontwindows”. Setelah itu copy aja semua file font (TTF) yang mau dipake ke folder yang baru lo buat tersebut. Biar aman chmod semua file font tersebut jadi 644, biar user selain root cuma bisa read doang. Setelah itu jalankan perintah

mkfontdir /usr/share/fonts/truetypes/fontwindows

atau buat alternatif pindah ke direktori tempat file-file font di-copy. Lalu jalankan perintah

mkfontdir

Intinya adalah supaya file-file font yang ada di sana biar dibaca system. Dan terakhir jalnkan perintah

fc-cache

Dan viola selesai deh. Selamat menikmati font windows buat semua user yang terdaftar di komputer linux itu hehehe…..

Categories: Pengalaman, Tips n Tricks
  1. asf
    May 21, 2007 at 7:08 am

    Mantab…
    Kreatifitas yang kayak gini nih yang sangat langka. Jika nda ingin jadi manusia kreatif seperti dia harus dipatuk Pinguin dulu🙂

    Katanya kalau dipatuk pinguin akan demam. Sama halnya bagi orang yang pertama kali menggunakan linux, akan demam. Sehingga ia akan ngoprek terus berhari-hari agar desktopnya nyaman.

    Karena manusia kreatif bernama Suharjono ini saya gak perlu demam, untuk memperkaya font di Ubuntu. Terima kasih N hatur nuhun kang!

  2. Tony
    May 23, 2007 at 3:45 pm

    Luar biasa, saya menemukan informasi ini secara kebetulan waktu barusan iseng ngetik di google “install windows ttf openoffice linux” – blog anda berada paling atas !

    Sekarang Openoffice saya fontnya bagus banget, dan saya sudah bisa terbebas dari Powerpoint hehehehehehe😀

  3. May 23, 2007 at 4:46 pm

    Wah alhamdulillah…….
    kok bisa yach, Semoga tulisan ini bisa benar-benar membantu lebih banyak orang….

  4. May 25, 2007 at 1:00 am

    Wah.. wah ada trik lainnya lagi mas? Saya rindu ni, trik-trik kaya gini…

  5. May 25, 2007 at 4:59 pm

    ya deh nanti kalo dapet pengalaman unik lagi…

  6. Fauzan
    July 24, 2007 at 6:05 am

    wah… yang kayak gini nih yang dicari…

    thanks banget ya…

  7. August 6, 2007 at 5:42 am

    bagus tuh
    saya salut ama anda

  8. August 17, 2007 at 2:41 pm

    thanx atas sharing ilmunya ..

  9. Bruury
    December 24, 2007 at 2:34 am

    salam,,,

  10. Bruury
    December 24, 2007 at 2:36 am

    tapi sepertinya direktori font nya di /usr/share/fonts/truetype [tanpa s] ya? ^^

  11. August 11, 2008 at 10:05 am

    wah makasih banget nih posting yang di tulis…
    ohya saya minta permision mau ikut dikit copy ke blog saya boleh kan?

    thanks u artikel

  12. manda
    November 18, 2008 at 11:14 am

    Hatur nuhun dan terimakasih boss koleksi font windowsnya gak jadi di hapus nih :p

  13. bgung
    July 27, 2009 at 4:22 pm

    nanya:
    kira-2 font gini bikin masalah ke lisensi gag ya?? tapi kayaknya belum pernah denger ya orang mikocok atau polisi yang ngubek-2 sampe ke font…

    atau ada yang pernah kena kasus gara-2 font window$ dipake di linux???

  14. March 14, 2010 at 12:45 pm

    Assalamu’alaikum,

    Maturnuwun kang, atas infonya,

    Sudah saatnya kita lepas dari “jendela” nih, lebih enak pake pinguin, sekalian saya mau ijin share ya kang,…

    Wassalamu’alaikum

  15. December 16, 2012 at 10:31 pm

    wah, terimakasih kang, sangat membantu😀

  1. December 30, 2007 at 2:34 am
  2. November 5, 2008 at 10:59 am

Leave a Reply

