Home > Opini Gue > Internet Marketing

Internet Marketing

Perkembangan penggunaan internet semakin hari semakin meluas saja. Internet yang dahulu hanya sedikit kalangan saja yang dapat menggunakan kini bagaikan sarana umum saja. Bayangkan saja apabila program yang dicanangkan Telkom – Internet Masuk Desa – bisa berjalan, internet bukanlah lagi barang langka.Hal ini membuka peluang baru untuk strategi pemasaran baru, yaitu pemasaran melalui internet, atau dengan bahasa populer biasa disebut dengan Internet Marketing. Yang dimaksud dengan internet marketing adalah strategi yang menggunakan internet sebagai media promosi dan komunikasi antara pemilik produk dan konsumen. Strategi pemasaran ini sangat berpeluang bagi usaha-usaha kecil menengah dan usaha-usaha yang ingin terus survive di masa depan. Selain biaya yang diperlukan cukup terjangkau, kemampuan internet marketing bisa dibilang sangat powerful. Dengan bermodalkan perkembangan teknologi terkini di bidang IT, komunikasi yang dijalin dengan strategi ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan strategi marketing lainnya. Antara lain:

  1. Kemampuan membuat komunikasi dua arah. Dengan media internet komunikasi yang terjalin tidak hanya dari produsen ke konsumen tetapi juga sebaliknya. Dengan begitu dapat dibangun knowledge yang membuat produsen lebih memahami apa yang diinginkan oleh konsumen. Dan konsumen juga akan lebih leluasa dan mudah untuk menyampaikan keinginannya kepada produsen.
  2. Aliran informasi yang cukup cepat. Dengan internet informai yang disampaikan oleh konsumen akan langsung diterima oleh produsen tanpa perantara pihak ketiga, dan begitu juga sebaliknya dengan fasilitas – katakanlah website perusahaan – informasi yang ingin disampaikan dari produsen dapat langsung disampaikan ke konsumen tanpa perantara lagi. Dan tentunya karena informasi yang dikirim adalah dalam bentuk elektronik pastinya akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan bentuk fisik.
  3. Bersifat Massal (Satu untuk semua). Massal yang dimaksud di sini adalah massal dimana perusahaan hanya perlu memiliki satu media internet marketing yang menjadi pusat komunikasi namun powerful dan mampu melayani banyak konsumen.

Kendati banyak sekali kelebihan dan potensi yang ditawarkan oleh strategi internet marketing, cukup banyak juga hal yang perlu diperhatikan dalam strategi internet marketing ini. Hal penting pertama yang perlu diperhatikan adalah internet marketing tidak bisa berdiri sendiri menggantikan semua srategi marketing yang lain. Ibarat bensin, internet marketing tidak bisa terbakar dengan sendirinya, perlu ada percikan api terlebih dahulu untuk memicu ledakan. Internet marketing perlu media marketing lain untuk memperkenalkan. Media marketing tersebut bisa berbentuk internet marketing pula – misal dengan media mesin pencari google.com atau dengan memasang iklan di situs yang sudah dikenal banyak orang friendster.com misalnya – atau dengan melalui media marketing lain.

Bagaimana mewujudkan internet marketing? Banyak cara untuk mewujudkan hal ini. Mungkin dengan membangun media internet marketing sendiri atau meminta bantuan kepada IT Consultant. Tapi yang pasti adalah anda harus mewujudkan secepatnya. Ini adalah kesempatan besar, jadi jangan sampai Anda terlambat.

Categories: Opini Gue
  1. Alif
    September 27, 2007 at 12:35 am

    good, awal yang bagus. klo ada sedikit waktu q bakal sering2 visit this blog.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: