Home > Teknologi Informasi, Tips n Tricks > Mencegah Spam Cara Baru

Mencegah Spam Cara Baru

Layanan web pastinya sarat dengan orang-orang iseng dengan berbagai tujuan, atau biasanya kita sebut dengan SPAM. Untuk itu biasanya di beberapa layanan web (webservice) dilengkapi dengan autentikasi dengan pertanyaan yang mudah untuk dilakukan oleh manusia tetapi susah dilakukan oleh komputer. Kalo pake bahasa keren bisa disebut dengan CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) atau HIP (Human Interactive Proof). Gampangnya, mungkin waktu anda menggunakan webservice sering melihat pengujian seperti ini:

Kemudian kita/pengunjung diminta untuk mengetikan huruf-huruf yang tercetak dalam gambar tersebut. Ini adalah cara yang paling sering dilakukan oleh penyedia layanan web untuk mencegah spam. Tapi ternyata cara ini sudah tidak ampuh lagi. Karena dengan huruf yang njelimet yang susah dimengerti sama manusia justru lebih mudah dibaca oleh mesin (robot spam) yang disebabkan semakin canggihnya teknologi character recognition yang ada sekarang.

Sekarang ada cara baru, paling tidak buat gue baru (tahu). Cara ini disebut dengan Asirra (Animal Species Image Recognition for Restricting Access). Untuk Asirra ini autentikasi yang diberikan adalah dengan memberi tes dengan memberikan gambar spesies-spesies hewan yang diminta diidentifikasi oleh pengunjung. Secara logis cara ini lebih susah untuk ditembus karena diperlukan usaha ekstra untuk mengenali spesies apa yang ada di gambar, tapi buat manusia ini adalah hal yang mudah. Misalnya untuk mengenali anjing atau kucing. Untuk contohnya coba buka klik disini. Layanan ini bersifat pihak ketiga. Jadi microsoft sebagai penyedia layanan untuk autentikasi untuk penyedia layanan dan pengunjung webservice secara gratis. Namun terdapat beberapa kelemahan yang terdapat di layanan microsoft tersebut. Untuk lengkapnya buka aja disini.

Tapi idenya bagus sih. Sebenernya bisa dibuat sendiri kok. Jadi buat anda yang ingin membuat cara pencegahan spam seperti in bisa menghubungi saya atau menghubungi jasa konsultan. Insya Allah saya bisa membantu.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: