Home > Pengalaman, Teknologi Informasi > Ternyata gue butuh “Rekayasa Perangkat Lunak” juga

Ternyata gue butuh “Rekayasa Perangkat Lunak” juga

Memang proses belajar itu perlu yang dinamakan proses pengaplikasian ilmu, nggak bisa cuma sekedar tahu proses atau alurnya aja. Sama seperti yang saya rasakan sekarang ini. Dulu pas belajar mata kuliah rekayasa perangkat lunak atau kalau versi inggrisnya Software Engineering gw masih belum paham sepenuhnya apa fungsi requirement gathering, analysis, desain, implementasi, deployment & testing (walaupun untuk kuliah ini gue dapet A🙂 ). Yang gw dapet saat kuliah itu cuma sekedar teori bahwa dalam pembuatan software secara umum alurnya seperti itu, yang gue sebutkan sebelumnya (waterfall), sedangkan metodology-metodology yang banyak itu cuma pengembangan dan pengoptimalan dari alur tersebut seperti agile methodology yang banyak juga versinya kayak XP, Scrum, RAD, dan kawan-kawan lainnya.

Yah.. mungkin agak terlambat gw baru paham sekarang — tapi kata orang bijak, tidak ada kata terlambat😛. Gue baru paham (btw yang bener paham atau faham sih..) — pas gue mengimplementasikan hal tersebut buat Kerja Praktek — kalau sebenarnya proses pembuatan software itu intinya cuma coding dan pembuatan dokumentasi. Dokumentasi yang penting juga buat gw cuma user manual aja yang bakalan bantu end user nanti. Tapi nggak sampai di situ aja, untuk mendukung hal tersebut, ternyata dibutuhkan juga proses-proses lainnya seperti requirement gathering untuk memastikan “apa sih kebutuhan customer nih..?”, trus desain, dulu gue pikir desain itu cuma sekedar buat dokumentasi, ternyata nggak, gw merasakan sekarang kalau desain itu tujuan utamanya untuk mendukung proses implementasi yaitu untuk menyederhanakan proses codingnya nanti.

Btw… dah lama juga ya gw nggak nulis di blog ini… Buat para pengunjung setia blog gue (kalo ada hehehe…), saya mohon maaf karena selama ini saya disibukkan oleh kerja praktek dan sekarang juga…

  1. Syarifudin
    July 8, 2007 at 8:38 am

    ingin gabun di teknologi informasi

  2. winih wicaksono
    July 10, 2007 at 2:30 am

    Mas pengalamannya bagi dong, dari requirement gathering, analysis, desain, implementasi, s.d. deployment & testing, boleh dong di kirimin penjelasannya dan contoh satu rekayasa perangkat lunak yang pernah mas kerjakan. Soale saya lagi kuliah mk.tsb. supaya pengalaman mas Jon gak terulang padaku, baru dong belakangan walau dapet A. Trim’s. Winih W. Jogja..

  3. barnas
    August 28, 2007 at 3:27 am

    halo,,salam kenal..enaknya panggil pa neh??
    G kul di teknik komputer UI truss semester ini g dapet kul RPL…Ju2r g ga ngerti sama sekali…and g juga ga ngerti pemograman…kalo bisa ajrin dari awal dunk..soalnye g ga mo nyesel ntar ga ngerti di kul…Maksih ya..

  4. daveace
    August 29, 2007 at 7:14 am

    halo mas salam kenal
    saya kuliah di politeknik negeri jakarta
    kite tetanggaan bos….
    huehehehe

    bener tuh memang kita butuh bgt yg namanya SE
    apalagi mang skr gw lg nyusun tugas akhir

    klo dulu gw berpikir yg penting tuh cuma coding nya
    ajah and desain sistem duank.

    tapi skr gw ngerasain banyak kesalahan karena
    SE yg gw terapin kurang baik

  5. erry
    September 22, 2007 at 11:28 am

    halo…salam kenal
    w kul di esa unggul …smester nh w lg dapet matkul ttg RPL(rakayasa perangkat lunak) n w lg dapet tugas tp cri ttg metode spiaral.. smp skarabg w lum dapet ttg artikel tu.
    klo blh n bisa tolong bantu w dunx tk cri ttg makalah tsb.
    thanx ya………..

  6. hanyndya
    February 5, 2008 at 7:11 am

    niy ako dari ank semarang
    sekola dismk 8
    jurusanNa jg RPL alias rekayasa perangkat lunak
    susah baged iah RPL ntu … tp asyik jg seh !

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

