Home > Pengalaman, Teknologi Informasi > PRADO – Framework PHP yang Component Based (Part I)

PRADO – Framework PHP yang Component Based (Part I)

PRADO, mungkin selintas buat para pecinta sinetron akan teringat Dude Harlino di sinetron RCTI. Tapi kita nggak akan mengupas masalah persinetronan. Kenapa? Pertama emang gue nggak suka nonton sinetron (kecuali beberapa) dan nanti nggak matching dong sama judulnya🙂 Yang akan gue bahas sebenernya nggak jauh-jauh dari apa yang lagi gue kerjain sekarang. Apalagi kalau bukan Kerja Praktek. Kebetulan kerja gue sekarang bikin sebuah sistem dan kebetulan bahasa pemrograman yang dipake PHP yang dibungkus pake PRADO.

About Framework
Sebelum cerita tentang PRADO gue pengen cerita sedikit tentang Framework. Setiap bahasa pemrograman seperti PHP lah contohnya adalah kumpulan ekspresi-ekspresi dan statement-statement yang terikat oleh grammar yang ada di bahasa pemrograman tersebut dan yang pastinya punya tujuan (fungsi). Tetapi ternyata grammar tersebut masih membuat bahasa pemrograman masih cukup luas sehingga untuk membentuk tujuan yang sama ada banyak ekspresi / cara yang dapat digunakan. Nah framework ini adalah aturan tambahan yang digunakan supaya untuk membuat sesuatu yang umum dibuat lebih mudah dan lebih cepat.

Gampangnya begini, analogikan bahasa pemrograman dengan bahasa Indonesia. Dengan modal bahasa Indonesia saja kita sudah bisa mengirim surat – contohnya surat cinta – dengan berbagai cara penulisan sekehendak hati si penulis. Tapi buat orang yang pertama kali bikin surat cinta pastinya bingung kata apa yang pertama kali mau ditulis padahal si penulis mungkin sangat ahli berbahasa Indonesia. Nah di sini lah peran framework. Framework kalau di kasus ini adalah aturan-aturan tambahan, misalnya surat cinta itu terdiri dari 3 bagian pertama salam yang manis, bagian kedua adalah puisi dan kata-kata romantis dan bagian ketiga adalah salam kangen (ini contoh aja… gue juga belom pernah buat surat cinta…:P). Mudah-mudahan lebih faham dengan penganalogian seperti itu.

Component Based
Component Based adalah penitik beratan atau pemfokusan pada peyederhanaan masalah dengan cara memecah menjadi bagian-bagian (Component) yang memiliki fungsinya masing-masing. Kalau Prado sendiri yang merupakan framework untuk aplikasi berbasis web, membagi komponen-komponennya menjadi komponen-komponen yang ada di web misalnya RadioButton, TextBox, Hyperlink, dsb. Dan tugas kita adalah mengatur / menyusun komponen-komponen itu menjadi sesuatu yang kita inginkan yang nantinya juga dianggap sebagai komponen (komponen yang lebih besar).

Contoh Penggunaan PRADO
Berikut contoh mudah (Hello World) yang diambil dari situs resminya prado. Yang harus anda lakukan adalah pertama kali download prado dari situs ini kemudian ekstrak ke webroot. Untuk membuat aplikasi baru jalankan perintah berikut melalui shell atau terminal:

“php pathToPradoRoot/framework/prado.php <nama projectnya>”

Untuk pengguna windows tinggal disesuaikan separator direktorinya ( tanda ‘/’ menjadi ‘\’).

Nanti akan secara otomatis terbentuk folder sesuai dengan nama project yang anda sebutkan yang telah disusun sesuai workspace prado. Di dalam folder itu kira-kira struktur direktorinya sbb:

Kemudian edit file Home.page di direktori protected/pages. Kalau belum ada ya dibuat aja. Kira-kira isinya seperti ini:

<html>
  <body>
    <com:TForm>
      <com:TButton Text="Click me" OnClick="buttonClicked" />
    </com:TForm>
  </body>
</html>

Selain itu buat file Home.php juga di tempat yang sama kira-kira isinya sbb:

 

class Home extends TPage
{
    public function buttonClicked($sender,$param)
    {
        // $sender refers to the button component
        $sender->Text="Hello World!";
    }
}

Udah deh website dah bisa diakses. Silakan oprek-oprek lebih lanjut. Manualnya ada di direktori prado yang tadi di download kok.

Mungkin segini dulu yang bisa gue share… Tunggu postingan selanjutnya Mau balik kerja lagi hehe (Pake Prado juga…) :p

  1. July 17, 2007 at 4:38 am

    udah males pake prado, emang jadi gampang sih karena OOP nya but sekarang gw lagi asik make Ext (Javascript Framework). untuk server side pake Ruby on Rail atau PHP.

    btw blogroll gw jon…

  2. July 17, 2007 at 12:23 pm

    Bagus juga tuh Ext , ntar gw coba-coba deh…

  3. August 31, 2007 at 3:42 am

    Aku panggil apa ya, Mas atau Bapak ya?

    Saya mu nanya ya. Saya nih guru smp (honor lagi, udah 13 tahun), baru mulai belajar pake php, saya punya ke-ingin-nan sekolah saya punya web berbasis php yang dapat mengelola sistem informasi lewat internet. Installnya sudah berhasil (walau ternyata tidak mudah prosedurnya = maklum ngak pake guru atau masuk dulu ke tempat kursus) Saya ada CD yang berisi program mengenai aplikasi pendidikan, isinya terdiri dari dua bagaian yaitu: data program dan Database. Waktu saya coba lewat browser nga bisa kebuka apa apache ya nga jalan ya, singkatnya tolongin donk gimana program tadi biar bisa jalan, kalu udah jalan mau saya coba edit.

    Terima kasih banyak ya…..

  4. ditalupita
    October 25, 2007 at 10:02 am

    maaf sebelumnya …tu yg pake prado proyek apa ya??..soalnya q jg lg mo bikin proyek berbasis e-commerce pake prado..mungkin klo proyeknya udah selese q boleh minta filenya ??…japri di sini : lophieta_cute @yahoo.com..makasie sebelumnya

  5. Tony
    April 6, 2009 at 10:45 am

    Maaf mas, saya masih kurang gitu ngerti konsep component-based framework? bedanya sama yang MVC apa yah, bisa jelasin sedikit nda. Makasih.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

