Home > Management, Tips n Tricks > Manajemen Amanah / Waktu

Manajemen Amanah / Waktu

Sebagai manusia tentunya kita mempunyai banyak pekerjaan dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Terkadang kita bingung apabila ada tawaran lagi untuk suatu amanah baru. Bisa melaksanakan atau nggak yah.. Jangan-jangan nanti nggak bisa maksimal atau membuat amanah yang lain tidak maksimal. Berikut akan saya coba sharing, bagaimana sih sebaiknya mengambil keputusan untuk memilih amanah / tanggung jawab atau tidak.

Sebenarnya kuncinya adalah manajemen waktu. Waktulah yang kita bagi-bagi ke beberapa amanah.

Coba hitung jumlah waktu yang kamu punya

Untuk mempermudah aku biasanya coba hitung untuk jangka waktu satu tahun, karena biasanya perencanaan/planning, kepengurusan organisasi, atau kontrak kerja dihitung berdasarkan satuan tahun.

1 tahun = 360 hari ==> 50 minggu

1 hari = 24 jam

maka dalam satu tahun kita punya stok waktu kurang lebih  8640 jam

 

Coba hitung pengeluaran wajib untuk waktu kamu

Sekarang coba pikirkan pengeluaran waktu, bisa dimulai dari yang pasti dikeluarkan dulu:

Istirahat 5 jam perhari: 5 x 360 = 1800 jam

kuliah misal 18 sks: 18 x 30 x 2 = 1080 jam (di kali 30 biasanya kuliah satu tahun efektif cuma 30 minggu, dikali dua karena jam diluar kelas, seperti tugas dll)

keperluan sosial, maksudnya komunikasi dengan lingkungan, sosialisasi atau ngobrol. Sebagai manusia hal ini penting. Hanya robot yang tidak perlu sosialisasi. Misal dalam satu hari diperlukan 1 jam maka satu tahun diperlukan 1 x 360 = 360 jam

Kepentingan orang terdekat, maksudnya komunikasi dengan keluarga, kakak, adik atau sepupu, misal diperlukan 2 jam per hari maka diperlukan 2 x 360 = 720 jam

Ibadah, Dalam satu hari katakanlah ada 7 waktu (tambah waktu dhuha dan qiyamul lail) dan masing masing rata-rata 15 menit (0.25 jam) Jadi terpakai waktu: 0.25 x 7 x 360 = 630 jam.

Waktu antar kegiatan / lag time atau misal waktu dalam perjalanan misal dialokasikan total 1 jam per hari. Jadi per tahun ada 1 x 360 = 360 jam

Waktu makan. Misal dalam sehari 3 kali makan  satu kali makan 15 menit. Jadi satu tahun diperlukan 3 x 0.25 x 360 = 270 jam

Jadi total yang sudah dikeluarkan 5220 jam

 

Membagi waktu untuk kegiatan

Sampai disini, sisa waktu: 8640 – 5220 =  3420 jam. Jam inilah yang akan dibagi-bagikan ke amanah-amanah di organisasi atau di tempat kerja. Misal amanah2 sebagai berikut:

Ketua organisasi  A. Coba estimasikan per hari jam yang akan anda dedikasikan untuk organisasi tersebut berapa jam, misal 5 jam per hari maka perlu 5 x 360 = 1800 jam

Bendahara organisasi B. Karena hanya bendahara jadi pekerjaannya hanya kalau ada transaks. Coba estimasikan per hari 30 menit jadi perlu 360 x 0.5 = 180 jam.

BPH organisasi C. BPH harus memberikan waktu lebih untuk organisasi dibandingkan anggota biasa. Jadi misalkan per hari 2 jam. Sehingga perlu 2 x 360 = 720 jam

Ikut kegiatan X tetapi hanya seminggu sekali 5 jam selama 30 minggu diperlukan: 150 jam

Ikut kegiatan Y setiap minggu 4 jam jadi ada 4 x 360 / 7 = kurang lebih 205 jam

Total yang sudah terpakai untuk kegiatan 3055 jam.

Sehingga sisa waktu dalam satu tahun. 3420 – 3055 = 365 jam. Atauh kurang lebih 1 jam perhari. mungkin bisa dipakai untuk rihlah. atau menambah  kegiatan lagi.  Temen-temen juga bisa meng-customize angka-angka diatas sesuai dengan kondisi temen-temen masing-masing.

 

Kesimpulan

Hidup memang tidak sekaku perhitungan di atas. Tapi setidaknya dengan perhitungan diatas bisa memberi gambaran apakah masih mungkin untuk kita menambah amanah lagi apabila ada tawaran. Jangan sampai karena salah mengambil keputusan banyak pihak yang terzholimi karena amanahnya tidak kita jalankan semestinya (i.e 2 jam perhari dilaksanakan hanya 1 jam per hari). Dan jangan sampai juga karena takut sibuk atau merasa nggak sanggup justru waktu kita tidak terutilisasi secara maksimal. Mungkin cuma sekian tips dari aku. Semoga cukup bermanfaat.

Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran. (QS. Al Ashr 1-3)

Categories: Management, Tips n Tricks
  1. rabz
    October 8, 2007 at 3:21 pm

    Jono.. waktu untuk perjalanannya belum tuh.. misal rumah jauh dari mana-mana, sekitar 4 jam dalam sehari bisa abis dalam perjalanan🙂

  2. benbego
    November 1, 2007 at 1:42 pm

    salam kenal dari http://pcmavrc.wordpress.com

  3. November 21, 2007 at 10:12 am

    jon, blog baru ane di link dunx

    kamal87.wordpress.com

  4. titik
    February 2, 2011 at 10:58 pm

    salam kenal….tulisan-tulisan di blog kamu bagus dan bermanfaat. tulisan tersebut mengingatkan banyak orang bahwa ternyata banyak sekali waktu yang terbuang sia-sia…terima kasih atas pemberitauan tips n trik untuk memanage waktu dengan baik

  5. December 12, 2012 at 2:33 pm

    makasih ya infonya bermafaat banget
    saya coba deh untuk bisa menambah amanah kita..

    thanks ..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: