Home > Ekonomi > Menjadi Pemasar Handal era ini

Menjadi Pemasar Handal era ini

Di era ini, agar menjadi handal, seorang pemasar haruslah memiliki 9 hal berikut:

Familiar dengan gadget dan teknologi mutakhir

Jelas, Sebagian besar orang sudah memahami bahwa teknologi sudah semakin canggih/mutakhir dan kecenderungan orang-orang tersebut adalah mengikuti kecanggihan teknologi tersebut. Dengan familiar dengan teknologi-teknologi tersebut seorang pemasar akan lebih mudah untuk dipercaya oleh konsumen. Alasan lain, adalah pemasaran produk–apapun itu–yang sering kali dikait-kaitkan dengan teknologi.

Terlibat dalam komunitas online

Komunitas online bagi orang-orang sekarang ini sudah menjadi lifestyle. Maka seyogyanyalah seorang pemasar terlibat dalam komunitas online untuk memperluas network.

Mobile

Pemasar bukanlah pekerja kantoran yang harus bekerja jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Pemasar harus mampu bekerja kapanpun dan dimanapun saat dibutuhkan. Jadi mobilitas merupakan sebuah tuntutan yang harus dipenuhi seorang pemasar

Menjalin pergaulan global dan networknya bagus

Network bagus sudah jelas harus dimiliki seorang pemasar. Dan untuk memenuhi tuntutan pasar yang akan segera menjadi global, pergaulan global harus dijalin agar jangan bagai katak dalam tempurung. Dengan begitu kita dapat menemukan dan menjaga keunggulan kompetitif dan keunggulan komparatif dari produk kita dengan produk dari luar.

Open mind dan selalu up to date dengan berbagai hal yang baru

Seorang pemasar harus haus akan informasi, lapar akan hal baru dan tidak kenyang untuk belajar. Tentunya agar senantiasa adaptif dan mampu menerima hal baru, pemasar harus selalu open mind. Jangan terkunci dan menjadi konservatif, karena dunia pemasaran selalu dinamis.

Percaya diri dan mampu mempresentasikan ide dan konsep

Jelas sekali pemasar harus percaya diri dan mampu menyampaikan ide dan konsep yang dimilikinya. 

Jago melakukan riset

Riset dibutuhkan seorang pemasar untuk mengetahui informasi yang belum diketahui tentang kondisi pasar. Untuk itu seorang pemasar harus memiliki kemampuan meriset untuk memperoleh informasi. Terutama riset yang berdasarkan dari data primer, agar paling update.

Cakap membaca tren dan insightfull

Hal ini mungkin yang sulit dimiliki oleh pemasar. Pemasar harus memiliki sense untuk membaca tren dan memprediksi masa depan. Dan untuk memprediksi tentunya tidak seperti paranormal-paranormal yang sering muncul di TV, pemasar harus memiliki dasar ilmu pengetahuan atas prediksinya tersebut. Oleh karena itu diperlukan wawasan yang luas (insightful)

Kreatif dan inovatif

Jelas, Pemasar harus bisa menciptakan hal baru dan unik dalam rangka menciptakan ciri khas / keunikan pada produk yang dipasarkan atau cara pemasaran produk itu sendiri.

Sebagai catatan akhir saya ingin berpesan–mungkin tidak berhubungan–agar jangan mengecilkan/menyempitkan istilah pemasar dengan profesi pemasar/marketer produk yang biasa kita tahu. Karena setiap orang bisa berperan menjadi pemasar bagi sesuatu. Contohnya dosen memasarkan mata kuliahnya, karyawan memasarkan kinerjanya, dan lain-lain 

Referensi:

  • Djatmiko, Harmanto Edy, “Profesi yang kian basah” www.swa.co.id, 4 Maret 2008.
  • Intuisi pribadi.
Categories: Ekonomi
  1. kamal87
    December 22, 2008 at 3:05 pm

    nice post

  2. December 30, 2008 at 7:31 pm

    alhamdulillah mal… segala puji bagi Allah

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: