Home > biografi, Tulis Aja > Arti nama “Suharjono”

Arti nama “Suharjono”

Setiap nama pasti memiliki makna. Begitu pula dengan nama yang telah selama hampir dua puluh tiga tahun aku sandang. Suharjono. Namun selama hampir dua puluh tiga tahun itu pula aku tidak mengetahui makna dari namaku itu. Rasa keingintahuan ku memuncak, kemudian aku coba cari jawabannya melalui internet. Mungkin dari nama tersebut terdapat hikmah yang dapat saya petik.

Berdasarkan referensi yang nanti akan saya sebutkan satu per satu di bawah, nama Suharjono dapat dipenggal dengan dua cara:

pertama    : su-harjo-no

kedua         : suharjo-no

Kata “Su” memiliki makna baik, sangat, lebih.

Untuk Kata “Harjo” terdapat dua pendapat. Yang pertama menganggap “Harjo” berasal dari kata “Raharja” yang artinya selamat, sejahtera, makmur. Sementara untuk yang kedua menganggap kata “Harjo” berasal dari kata “Harja” yang memiliki makna bagus, indah, mulia, jernih.

Kata “Suharjo” sendiri memiliki makna orang yang cemerlang dalam segala hal.

Sementara untuk kata “No” apabila dilihat pada aksara Jawa memiliki pengertian cahaya atau keshalihan.

Saya tidak akan menarik makna dari nama saya sendiri namun saya coba menarik sebuah hikmah.

Dari sekian banyak makna-makna tersebut, semuanya memiliki arti yang baik. Sungguh mulia sekali kedua orang tua saya yang telah memberikan nama seindah ini kepada saya. Mungkin beliau berharap sifat-sifat baik tersebut melekat pada anaknya ini…

Nama adalah harapan.

Nama adalah do’a.

Dan semoga harapan dan do’a kedua orang tua saya dikabulkan Allah. Amiin

  1. March 28, 2009 at 8:15 am

    Dalam bahasa Nepal, “Su” juga berarti baik. Aku punya tiga kawan Nepal yang namanya berawal dari “Su” yakni Sujan, Suraj, dan Sudeep.

    Tapi mereka bilang, jangan menamakan anak “Susu” karena bakal ditertawakan di Nepal.

    Bukan.. “Susu” dalam bahasa Nepal tidak berarti susu dalam Bahasa Indonesia.

  2. June 17, 2013 at 2:15 pm

    Namaku Harjono, Kalo melihat Penggalan Arti di atas .. jadi apa itu hehe.. Jujur saya sendiri juga belum tahu jelas arti di balik nama saya.. Harjo Artinya bagus, indah, mulia, jernih.

    Sedangkan No cahaya atau keshalihan.

    ya semoga saya jadi anak Tampan Sehat Selamat berfikiran Jernih dan enggak Lupa Shalih🙂

  3. November 12, 2013 at 8:59 am

    Trimakasih U/smuanya.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

