Home > Opini Gue > Manohara dan Hubungan Indonesia-Malaysia

Manohara dan Hubungan Indonesia-Malaysia

Jagad hiburan Indonesia digemparkan oleh jenis berita yang selama masa hidup saya baru kali ini saya mendengarnya. Seorang model belia asal Indonesia yang saya sendiri baru mendengar namanya disiksa oleh suaminya sendiri yang berstatus sebagai pangeran kerajaan kelantan (salah satu negara bagian Malaysia). Wanita belia yang umurnya tidak jauh beda dengan adik saya itu bernama Manohara (17).

Sudah banyak situs-situs berita yang mengulas kronologis kasus ini secara mendalam, jadi saya tidak akan mengulas mengenai hal tersebut. Namun dari sekian banyak berita tersebut di media belum ada ulasan yang cukup menjawab pertanyaan yang terbesit di benak saya yang sampai saat ini.

Apabila kita tengok lagi sejak pertama kali isu ini mencuat, seperti disengaja bertepatan dengan peringatan hari Kartini tanggal 21 April lalu. Hari peringatan tentang penghargaan terhadap kaum perempuan yang diperingati oleh bangsa Indonesia. Ada skenario apa dibalik semua ini. Apakah munculnya kasus ini merupakan suatu upaya pelecehan terhadap peringatan hari Kartini? Kalau iya siapa dalang dari semua ini? Dan untuk apa?

Kemudian yang tidak habis pikir adalah kenapa selalu saja hubungan tidak baik yang terjadi antar negara tetagga kita, Malaysia adalah yang paling sering menjadi seteru Indonesia dalam beberapa kasus sebelumnya dan kasus ini tentunya. Apakah sebegitu bermusuhankah Indonesia dan Malaysia, sehingga walaupun bertetangga tetapi bahagia jika tetangganya menderita. Atau jangan-jangan semua ini adalah upaya adu domba? kalau iya, siapa dan untuk apa?

Ada yang bisa membantu menjawab pertanyaan saya ini?

  1. April 26, 2009 at 12:13 pm

    Tengku Fakhry-Manohara tampil mesra
    Oleh LUQMAN HAKIM AB. RAHIM

    TENGKU MOHAMMAD FAKHRY dan Manohara duduk bersama Ahmad Syafi (kiri) dan Indah Purnama selepas satu majlis perkahwinan di Kampung Kota, Kota Bharu semalam.
    ——————————————————————————–

    http://www.kosmo.com.my/kosmo/content.asp?y=2009&dt=0426&pub=Kosmo&sec=Negara&pg=ne_01.htm

  2. good explaination
    April 26, 2009 at 4:17 pm
  3. April 26, 2009 at 8:15 pm

    I think the truth will come only when both side sit together tell us what really happened.

    if we receive information only from one of them, we only get defense from them.

    And I think all of those pictures aren’t enough to answer the questions I asked.

  4. April 27, 2009 at 2:01 pm

    helo.. ini kan kerabat d raja.. mana boleh sewenang2 nya buat press conferens sesuka hati seperti buat nya di ibu Daisy itu.

    Ternyata ibu daisy itu mau nya hanya uang uang uang,…! ga pernah mau syukuri!.. malah lagi mahu nya materi!

    Bila ga bisa nelpon mano untuk uang, terus di bilang nya mano udah di silet. Kok gadis di silet ga dimasukin ke rumah sakit?

    Yang pasti,, uang bisa bikin si ibu tamak. Kok anak nya 17 tahun udah d kahwin kan??

    Cinta tengku itu pasti.. dan mano bahagia itu pasti..

    Tapi gw ga pasti jika Ibu Daisy itu bener!

  5. April 27, 2009 at 7:57 pm

    that’s your opinion, not the truth… just wait the truth come…

  6. MM
    April 28, 2009 at 10:27 am

    jangan menuduh ibu mano dulu,klo memang ibu mano pemeras ngapain dia masih tinggal dirumah kontrakan&mano ngga boleh tlp ibunya!!!ibu mana pun klo melihat keluarga yg baik2,sopan santun&beribadah pasti dgn rela melepaskan anaknya,lagi pula simano emang pacaran sama pangeran yg dzalim itu!!klo emang dia ngga mai dikawinin pasti mikanya pas pesta udah masem kaya pas dia nonton bola.dari pada zina ky anak2 muda zaman sekarang yah mending dikawinin lahhhh,tp mana tau pangeran itu dzalim dan ngga punya ahlak.klo pengadilan didunia ini ngga adaill… INGAT ada pengadilan akhirat

  7. April 28, 2009 at 11:38 am

    Saya pernah dengar bahwa ada segelintir pihak media di Indonesia bersifat berat sebelah terhadap artis-artis dan model-model Indonesia. Kalau you media nak interview Manohara, you datang sendiri ke Malaysia. Jangan buat fitnah. Tengku Fakhry dan Manohara bahgia bersama.

  8. MM
    April 28, 2009 at 1:53 pm

    ngga usah pake interview segala…bisa aja mano diancam untuk mengatakan hal yg indah indah,wajah mano pun sudah berbicara waktu mereka nonton pertandingan bola,WAJAH NGGA BISA BOHONG…saya pernah tinggal dimalay dan saya tau watak orang sana!!! Ngga semua pers yg mendukung artis,tapi saya YAKIN ManO tersiksa.klo pun dia bahagia kenapa maret kemarin dia nagis menelpon ibunya sampai tidaj kuat berkata apa2??? Klo memang dia baik2 saja kenapa dia tidak boleh menelpon ibu kandungnya??dan apakah dgn meninggalkan seorang ibu mertua dibandara negara asing yg diajarkan orng2 malysia serta antek2r raja????mana kebudayaan yg kalin bangga2kan dgn penuh sopan santun??????saya tidajjjjjj melihat itu setitik pun dari kalin.INGATTTTTT BUNGGG ALLAH TIDAK BUTA

  9. MM
    April 28, 2009 at 2:01 pm

    ibu dessy sudah melakukan hal yg BENAR melakukan pers conferens,karna ibu melakukan dengan jalur yg tepat.karna ada tindakan kekerasan rumah tangga oleh seorang raja yg rakyatnya agung2kan.INGATTTT YG MAHA AGUNG hanya ALLaH.sebelum bicara berkaca dulu udong,jangan sok2an bilang ibu dessy menghina keluarga raja,apa kalian sebelumnya tidak berpikir MALU mengumumkan BATIK keseluruh dunia kalo itu buatan malay???huh????pikirrrr dongggg udah ngambil hal orang dan ciptaan orng lalu disebarkan keseluruh dunia…a

  10. adji
    April 28, 2009 at 8:10 pm

    wah parah lo jon.. bikin kontroversi aja😀

    ~kaburrr..

  11. mika
    April 30, 2009 at 1:07 pm

    hahhahahahahahahaaaa….. bales dunk, jangan diem ajah… bales tuh kata” MM…. takut kah??? atawwwwwwww emang bener apa yg di bilang MM???? gpp bikin kontroversi ajah sekalian jangan setengah”… tanggung.. hahahahahhaa

  12. kia
    May 1, 2009 at 12:36 am

    read this from http://jakartasocial.wordpress.com/2009/04/28/saving-private-manohara/

    THE TRUTH IS // April 30, 2009 at 4:30 pm | Reply

    Yang jelas kenyataanya:
    1. Ibu dessy sering kawin cerai, awal dari background yg nggak baik.
    2. Mantan suaminya yg Narapidana & mendekam di penjara jadi awal yg nggak baik pula.
    3. Kalau dia ibu yang baik, anak umur 15 tahun tdk akan diizinkan utk mulai pacaran, apalagi dg pria berusia 28 thn.
    4. Ibu dessy jelas mencari pria super kaya utk anak yg masih dibawah umur, apalagi kalau bkn menggunakan kecantikan Mano utk kepentingan dessy sendiri.
    5. Manohara diperkosa TT desember 2007 (Status: Masih pacar Ardhi). Kalau dia ibu yg baik tentu dia akan menjaga baik2 anaknya jgn sampai diambil keperawanannya oleh om2 berumur 31-an.
    6. Setelah Mano tdk perawan, dan dessy juga tahu Mano tidak perawan, Dessy masih mendukung Mano pacaran dg Ardhi. Kemungkinan dessy & dewi tdk mau ketinggalan liburan ke Amerika naik pesawat jet Bakrie.
    7. Masih juga tdk puas dpt calon mantu super kaya, dessy berusaha menarik perhatian bapaknya si calon mantu yg jelas2 sdh beristri. Yg sayangnya si bapak nggak tertarik sama sekali dg dessy, dan yg ada dessy dpt adl teguran keras dr keluarga si bapak & dpt dampratan yg super keras dr istri si bapak.
    8. Stlh gagal dg Ardhi, anehnya, bbrp hari kemudian, dessy membawa Mano ke Kelantan utk dinikahkan.
    9. Saat Mano menikah (berdasarkan pengakuan dessy sendiri) wkt berdandan dengan Mano di ruangan istana, dessy memakai perhiasan kerajaan yg tersedia utk dipakai Mano, saat orang kerajaan meminta dilepas, dessy tersinggung. Kalau dessy tdk kampungan dan tau diri, dia tdk akan berani memakai perhiasan kerajaan tanpa ijin dulu. Ibarat spt Lady Di sewaktu menikah diberi ratu Elisabeth tiara kerajaan yg diwariskan turun temurun, masuk akal nggak kalau sampai dipakai ibunya? Yg ada malu kaliii…
    10. TT sdh menyerahkan sejumlah uang dan perhiasan sbg Mas Kawin (Yang tentunya sdh diterima dessy)
    11. Setelah menikah, TT menginginkan malam pertama, tapi Mano mengatakan sdg haid, TT masih sabar.
    12. Saat bulan madu Mano & suaminya bulan madu ke Thailand, yg anehnya dessy & dewi ngekor aja. Kelihatan spt nggak mau kehilangan uang sesenpun, selalu ngekor kemana Mano pergi even utk honeymoon yg seharusnya jadi acara romantis berdua saja. TT mulai naik pitam..
    13. Setelah 2 bulan menikah TT belum pernah tidur dg Mano, dg alasan yg sama, Mano lagi haid. Pastinya ini juga tekanan dari dessy krn tuntutan uang dessy baru diberi setengahnya saja. Jelas TT mengamuk. Sdh menikah tapi si istri selalu menolak utk berhubungan intim.
    14. Tdk tahan dg TT yg sering marah2 krn ajakan utk tidur bersama, Mano kabur ke jakarta (tentunya atas desakan dessy), yg anehnya nggak lama kemudian dia kedapatan dugem di Bali.
    15. Herannya lagi nih , status masih suami TT, Mano berhubungan dg pembalap Ryan Haryanto.
    16. Jika dessy ibu yg baik dan benar Mano kabur ke Jakarta bkn krn tekanan dari dessy, saat TT ke jakarta utk jemput Mano, dessy tdk akan mengizinkan Mano kembali ke TT. Tdk ada org bodoh yg mau tertipu 2x jika bkn krn serakah.
    17. Dessy terlalu banyak menuntut. Uang, apartemen dan mobil mewah. Setelah tuntutannya dikabulkan, dessy marah krn jumlah uang tdk sesuai dg yg diharapkan alias tdk cukup utk bayar hutangnya yg menggunung. Serta Mobil dan Apartemen bkn atas nama dessy. Dessy menolak apartemen tersebut, yg saya heran ini mobil Alphard sempat dipakai kemana2.
    18. Dessy sekeluarga beserta TT berangkat Umroh, dimana TT mungkin sgt kesal dg ulah dessy yg mata duitan maka dibawalah Mano ke Kelantan tanpa dessy.
    19. Kalau memang dia mdptkan kesulitan utk dpt penanganan scr hukum krn posisi TT sbg anak raja dan dia pikir perlu bantuan publikasi utk tujuan membebaskan Mano, nggak usahlah soal pribadi Mano diumumkan lewat media massa. Sangat miris sekali melihat ibu yg spt ini.
    20. Setelah melihat tayangan heboh dessy di tv, tiap orang mulai bertanya, lho ini kan dessy yg pernah menipu saya, uang saya ada lho di dia ratusan juta dan belum dibayar. Temannya yg lain juga mulai bertanya, lho dia juga menipu saya, uang saya ratusan juta pun masih ada di dia dan belum dibayar. Kedapatanlah dessy berhutang 5 milyar dari sekian banyaknya orang (itupun yg ketahuan, yg nggak ketahuan??)
    21. Kenapa dessy selalu membawa bangsa Indonesia dalam perdagangan manusia ini? Ini bukan masalah bangsa, bukan masalah Indonesia-Malaysia, tapi masalah individu.
    22. Bisa dimengerti kenapa desy berteriak2 di Indonesia bkn di Amerika (bapaknya Mano org Amerika), krn rakyat Indonesia terlalu mudah diprovokasi, apalagi krn dr dulu hub Indonesia&Malaysia selalu diwarnai ketegangan.
    23. Tidak usah saling menghujat mengatasnamakan bangsa,permasalahan bangsa ini saja sdh cukup rumit, kemiskinan dimana2. Sedangkan Mano? Ibu dan kakak yg ngakunya bergaul dg kalangan jetset, bukannya semua perlu uang yg sgt banyak,pakaian mahal & bermerek? Patut dipertanyakan asal uangnya dari mana.
    24. Dessy harusnya mendengar pernyataan yg bijak dr Christian Sugiono di infotainment.
    25. Suami ke2 dessy org Amerika, Suami ke3 Dessy org Perancis, Mano disuruh kawin (dijual) ke Pangeran Malaysia. Giliran susah minta tolong ke Indonesia. Harus dicek apakah dessy ada npwp atau tdk. Sdh ngga bayar pajak, hidup bergaya socialita, ngga bawa devisa spt TKI, maunya kawin dg org luar negri terus, pas susah bawa2 rasa kebangsaan.
    26. Anak sdh dijual, mana bisa minta kembali.
    27. Presiden dan Wakil Presiden beserta menteri nggak level urus masalah ini. Banyak masalah yg lebih penting dan urgent yg harus diurus. Daripda mengurus dessy yg doyan ngutang.
    28. Pesawat jet di foto diatas diakui dessy sbg pesawat pribadinya. Mentok2 ketahuan juga kalau itu punya Bakrie. Pernyataan di Perancis dia tinggal di Cannes, mentok2nya ketahuan juga kalau dia ternyata numpang di rumah Bakrie, sekalian numpang tenar, numpang kaya. Persoalan ini juga lagi2 dia dpt teguran yg lumayan keras dr Bakrie.
    29. Persoalan hutang bermilyar2 kenapa orang tdk ada yg melaporkan, itu tinggal menunggu bom waktu yang siap meledak kapan saja, dan sebelum itu terjadi,
    30. Semoga bu dessy segera bertobat. Amien.

  13. May 15, 2009 at 9:55 am

    Manohara sdang menderita

    • Hai
      June 29, 2009 at 12:42 am

      menderita kanker=kantong kering emak nya tuh…psssttt boy!!

  14. May 15, 2009 at 10:02 am

    @frisky
    gua jg lagi menderita.. siapa yang mau peduli ama gua??!!

  15. May 15, 2009 at 2:55 pm

    @havban:
    menderita aja gemuk gitu lo… apalagi nggak menderita..😄

    • June 29, 2009 at 12:38 am

      psssttt…rahasia dapur tuh!!banyak makan coklat…

  16. May 15, 2009 at 4:37 pm

    @jono
    Ane turun sekilo keknya bro..😛

    Abis borong gadget.. sekarang jatoh miskin.. kkk..

  17. dbunshin
    June 1, 2009 at 6:49 am

    mano udah nongol, kebenaran udah didengar dari mulut mano sendiri, ayo gmana pendapatnya lagiy..

    perjuangan tulus itu pasti dilihat Tuhan bro..

  18. June 15, 2009 at 12:17 pm

    mungkin ini termasuk korban keadaan jadi pad aakhirnya si mano pun dilecehkan oleh suaminya sendiri

    • June 29, 2009 at 12:40 am

      wkwkwwk..korban suami mau aja!!inget umur masih 15 thn dah geniiit….

  19. hiqa ain"
    August 20, 2009 at 2:37 pm

    ya umur 16tahun dikahwini sama pengiran,,, bagi saya amat beruntung ya jika dapat mengahwini putera raja.. bukankah itu yang diidamkan setiap gadis? seharusnya mano yang menjaga perlakuan dan rukun rumahtangga..mungkin kes sikit-sikit tu mano harus banyak bersabar,,, jika siisteri menolak untuk bersama oh… itunya derhaka namanya… kalau alasan 1 kali or 2 kali ngak apa2 ya…. ni sering kali begitu suaminya terus naik darah ya….

    dengar sejarah dessy yang sudah berkahwin 3 kali itu parah benar ya… tentu ada cerita hitam disebalik perkahwinan yang sampai 3 kali itu….

    jadi … ini bukan permasaalah negara.. bangsa …. ini masalah cerita seorang gadis bawah umur indonesia berkahwin dengan anak raja malaysia… permasaalahan rumahtangga mereka yang kita sendiri tidak tahu ….

  20. March 9, 2010 at 2:43 pm

    yang jelas menurut gua manohara emang benar disiksa mungkin juga akibat dari perlakuan ibunya yang mau menikahkan anaknya dalam usia belia yaitu 17 thun dan mungkin ada rahasia yang public gak tau bisa saja mano ini di jual oleh ibunya apalgi dengar2 ibunya ini banyak hutang dari situ kita bisa menangkap mengapa tengku fakhry begitu yakin bahwa dia benar..mungkin karena mano ini sudah dijual sama ibunya…

    piss ya…

  21. October 2, 2010 at 5:18 pm

    ya lah borong genjet kira ya miskin kali yayaya lah sih ayyaya

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: