Home > Renungan, Tulis Aja > Jodoh

Jodoh

Apa yang akan saya ungkapkan di dalam postingan ini adalah sebuah pandangan pribadi saja.

Gue pribadi percaya, semua orang memiliki jodohnya masing-masing yang sudah ditentukan Yang Maha Kuasa waktu pertama kali nyawa kita ditiupkan. Jadi tak perlulah resah dan tak perlu gundah tidak menemukannya atau direbut orang lain. He / she is dedicated for you… believe it.

Betapapun kita berusaha menjodohkan apabila bukan jodoh maka tak akan bersatu juga. Justru sebaliknya apabila jodoh, betapapun usaha untuk memisahkannya bersatu adalah tetap sebuah keniscayaan.

Orang-orang sering bilang kalau jodoh itu di tangan Tuhan.ย  Kalau dipikir-pikir bener juga. Dengan dibilang bahwa jodoh di tangan Tuhan, maka tidak ada jalan lain untuk tahu siapa jodoh kita selain mendekatkan diri kepadaNya. Karena kalau nggak deket gimana mau tahu?? So, sudah cukup dekatkah kita dengan Dia? Naah… Kalo sudah dekat dengan Dia, baru bisa deket sama si dia.๐Ÿ˜€

Orang tua yang bijak tidak akan menghadiahkan sepeda kepada anaknya yang masih berumur 2 tahun, yang jangankan untuk mengendarai sepeda, berjalan saja sulit. Begitu juga dengan Dia yang Maha Bijaksana, Dia tidak akan begitu aja memberitahukan dan mempertemukan kepada kita siapa jodoh kita apabila kita belum siap mengetahuinya. Dia hanya akan mempertemukan saat kita siap. Jadi mari persiapkanlah diri.

Meskipun kita tidak tahu siapa yang ditakdirkan menjadi jodoh kita, satu hal yang pasti adalah dia adalah orang sudah kita kenal. Maka perluaslah pergaulan dan jaga hubungan baik dengan semua orang.

  1. May 28, 2009 at 11:52 am

    Yes.. I agree with you.

    Good girl is for good guy.
    Good guy is for good girl.

    I’m good.. XP

  2. May 29, 2009 at 4:48 pm

    weww.. nice๐Ÿ˜€

  3. May 29, 2009 at 5:19 pm

    ohoo..
    no comment dulu deh, masi belom punya ilmu untuk berkomentar๐Ÿ˜€

  4. May 30, 2009 at 1:19 am

    Tapi gw umur 10 bulan aja dah bisa lari2an Jon (berdasarkan cerita dari ortu dan tetangga..:p) jadi gak masalah doonk kalo umur 2 tahun ortu gw ngasih sepeda..:p


    Good girl is for good guy.
    Good guy is for good girl.

    Berarti untuk mendapatkan jodoh yang terbaik berarti harus jadi orang baik dulu dooonk. Berarti yang penting adalah bagaimana kita membina diri kita ke arah yang lebih baik. Trus kalo ternyata istri yang baik dapet suami yang tidak baik atau kebalikannya gimana? bukannya contoh di dunia nyata ada?? minta pendapatnya juragan.๐Ÿ™‚


    Meskipun kita tidak tahu siapa yang ditakdirkan menjadi jodoh kita, satu hal yang pasti adalah dia adalah orang sudah kita kenal. Maka perluaslah pergaulan dan jaga hubungan baik dengan semua orang.

    Kesannya gaul niatnya cuma cari jodoh.:p Kalo menurut gw tujuan kita mempererat silaturahim itu karena untuk menjalin kuatnya persaudaraan Jon, saling membantu, saling melengkapi, dan saling mengisi satu sama lain, dengan teman, tetangga, rekan kantor, dll. kalo pada proses tersebut kebetulan kita dipertemukan dengan seseorang dimana Allah SWT memberikan petunjuk bahwa dia jodoh kita baruuu.. lamar ajjaaa.. (pake AW style..:p)

  5. May 30, 2009 at 9:09 am

    @hendra
    Yg ngomong soal good guy for good girl itu di Quran, An-Nur ayat 24๐Ÿ™‚

    Soal jodoh dah kita kenal.. hehe.. emang biasanya siy gitu.. mana bisa kita ngelamar orang yg gak kita kenal .. minimal namanya..๐Ÿ˜€

    Soal lamar-melamar.. um.. um.. um.. hehe.. gak tau ah..

  6. May 30, 2009 at 12:51 pm

    @hendra:
    gw seneng ada yang comment panjang kayak elu dra..๐Ÿ˜€

    tentang tulisannya febi, bener tau dra.. kalo contoh kasus yg nt bilang, si baik dapet si jahat, berarti si baik sebenarnya nggak baik atau si jahat sebenarnya nggak jahat.

    masa’ sih kesannya gaul untuk cari jodoh. kan maksud gw kalo mau cari jodoh maka perbanyak pergaulan.. bukan sebaliknya kalau memperbanyak pergaulan maka pasti untuk cari jodoh.. *duh jadi inget mata kuliah tertentu*

  7. rap
    June 1, 2009 at 12:51 pm

    hoho
    betul2. jodoh di tangan tuhan.
    tapi jangan santai aja, ntar di tangan tuhan terus๐Ÿ˜€

  8. June 2, 2009 at 10:42 am

    makanya dideketin Tuhannya…

  9. ilyas
    June 8, 2009 at 4:03 pm

    ikut komen tentang yang diungkapkan febi
    โ€
    Good girl is for good guy.
    Good guy is for good girl.
    โ€

    ya memang demikian yang di janjikan oleh Allah, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa si baik akan dapat di buruk. Tetapi “tidak selalu” bahwa berarti si baik sebenarnya nggak baik atau si jahat sebenarnya nggak jahat. Bisa saja si baik memang baik dan si jahat memang jahat. Dan hal tersebut menjadi ujian atau cobaan bagi si baik apakah dia akan tetap istiqomah atau tidak. Dan apabila si baik ini istiqmah maka dia akan memperoleh kedudukan yang tinggi di sisi Allah.

    Beberapa kisah seperti ini juga di kisahkan oleh Allah SWT dalam Al Quran, yaitu
    1. Kisah Asiyah, istri firaun, seorang muslimah yang beriman dan istiqomah, bersuamikan seorang kafir dan mengaku sebagai tuhan.

    2. Kisah istri Nabi Nuh as, yang kafir walaupun Nabi Nuh as tidak henti-hentinya mengajak pada kebenaran, sampai akhrinya banjir besar melanda kaum Nuh yang tidak beriman tersmasuk istri dan anaknya

  10. ilyas
    June 8, 2009 at 4:10 pm

    Oleh karena itu, hendaklah kita selalu berdoa mendapatkan jodoh yang baik. Allah SWT mengajarkan kita doa yang subhanallah sangat baik bagi kita yang menginginkan keluarga yang diridhoi Allah.

    ูˆูŽุงู„ู‘ูŽุฐููŠู†ูŽ ูŠูŽู‚ููˆู„ููˆู†ูŽ ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุจู’ ู„ูŽู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุฒู’ูˆูŽุงุฌูู†ูŽุง ูˆูŽุฐูุฑู‘ููŠู‘ูŽุงุชูู†ูŽุง ู‚ูุฑู‘ูŽุฉูŽ ุฃูŽุนู’ูŠูู†ู ูˆูŽุงุฌู’ุนูŽู„ู’ู†ูŽุง ู„ูู„ู’ู…ูุชู‘ูŽู‚ููŠู†ูŽ ุฅูู…ูŽุงู…ุงู‹

    Dan orang orang yang berkata: “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.(QS Al Furqaan ayat 74)

  11. June 9, 2009 at 5:32 pm

    Beeehhh… dengerin tuh kata Pak Ilyas… sungguh menenangkan hati…

    Kapan nih, jadi bapak beneran, yas…??

    • ilyas
      June 10, 2009 at 8:55 am

      Doain aja Jon, moga cepet dipercaya dan dikasih rejeki oleh Allah untuk jadi bapak beneran.

      • June 10, 2009 at 9:06 am

        kkkk… ada yg ngebet jadi bapak.. *oops*

  12. Bro
    June 9, 2009 at 9:24 pm

    Teori tsb gak bisa jelasin tentang orang-orang yang merit lebih dari 1 (berarti jodohnya lebih dari 1 dong, orang yang gak merit sampai akhir hayatnya karena berbagai sebab (impoten, punya orientasi seks yang berbeda dll), menurut sy sih jodoh ga diatur, kitanya yang milih sipa yg kita sukai buat merit, atau bahkan gak merit sama sekali. Dan yang namanya cinta, kasih sayang dgn konotasi diatas, dan sebangsanya adalah umpan dari Tuhan agar manusia mau bereproduksi sehingga kelangsungan spesies ini terjamin, so gak usah dipandang tinggi banget cinta yang semacam itu (he.he.he pasti banyak yang protes). Jujur aja bro, cinta/sayang yang harganya tinggi dimana-mana selalu gak berkaitan dengan ketertarikan fisik (surga ditelapak kaki ibu, cinta untuk menegakkan kebenaran, dll. Emang enak sih cinta dan sayang2an yang seperti diatas, tapi coba jujur deh, apa kalau udah cinta sama 1 orang kita gak tertarik sama yang lain? atau kalau orang yang kita cintai tidak memenuhi kebutuhan kita, apakah kadar cinta kita masih sama. Dan kalau ada pembelaan bahwa cinta gak sama dengan nafsu, ada 1 pertanyaan yang harus dijawab dengan jujur, saat anda (yg udah merit tentunya)lagi santai and sayang2-an sama pasangan (belai rambut kek, cium kening kek, asal gak ada orang lain saat itu)apa yang terjadi 15 menit kemudian?

  13. June 10, 2009 at 9:28 pm

    @bro: saya pribadi berpendapat jodoh memang tidak harus satu kok, bisa lebih.. saya menghargai pandangan tentang jodoh.. tapi pandangan anda sama sekali tidak mengubah pandangan saya tentang jodoh yang sudah saya paparkan tadi..

    your life is your life and it’s my life.. thanks and peace bro…๐Ÿ˜€

  14. June 10, 2009 at 9:31 pm

    @bro
    Yang pasti.. untuk dapat melakukan anu2 itu2 dengan sepenuh hati, maka harus ada satu hati.. satu pikiran..๐Ÿ˜€

    Um.. sinkronisasi lah istilahnya.. kkk..
    jadi.. pasti ada kemiripan di antara mereka.

  15. ilyas
    June 11, 2009 at 8:37 am

    Jon, ente ngomongin cinta ga sih, perasaan di tulisan ente ga ngomongin maslah cinta.

    saya mau menanggapai tentang konsep jodoh bagi orang yang menikah lebih dari 1 orang. Menikah lebih dari 1 orang baik bersamaan atau tidak menurut saya sama-sama mereka berjodoh, mungkin yang kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana keadaan syurga kelak (insya Allah, mudah2an kita dimasukkan kedalam syurga-Nya, amiin). Saya pernah mengikuti kajian diantara ada yang membahas masalah ini, jawabannya adalah yang bersama dia di syurga nanti adalah yang paling mencintainya.

    Masalah cinta dan nafsu jelas sekali berbeda yah. Pertama perlu ditegaskan bahwa nafsu tidak selalu berkaitan dengan nafsu birahi, itu hanya salah satu jenis saja. Nafsulah yang membedakan antara manusia dan malaikat.

    Saya sudah menikah, ketika sedang besayang-sayangan tidak selalu berorientasi kepada sex, tidak perlu membatasi dengan 15 menit. Karena hakikat cinta bukanlah. Cinta mempunyai hakikat yang lebih tinggi dari pada itu. Cinta hendaklah di dasari karena Allah. Cinta tidak hanya ditujukan untuk ketertarikan lawan jenis itu hanya subset. Cinta itu adalah ketika Anda ingin yang terbaik buat orang yang Anda cintai baik di dunia maupun di akhirat. Contoh kecil misalnya, saat datang waktu subuh orang yang kita cintai (istri, suami, anak, kakak, sahabat dsb) masih tertidur pulas, jika kita mencintainya pasti akan berusaha sekuat mungkin membangunkan anak kita untuk shalat subuh, karena kecintaannya ingin orang tsb selamat di dunia dan di akhirat, dan masih banyak contoh lain.
    Sedangkan cinta yang paling tinggi adalah kepada Allah SWT.

    Dan islam juga tidak menyangkal ketertarikan terhadap lawan jenis, meskipun sudah menikah.

    ุฒููŠู‘ูู†ูŽ ู„ูู„ู†ู‘ูŽุงุณู ุญูุจู‘ู ุงู„ุดู‘ูŽู‡ูŽูˆูŽุงุชู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูุณูŽุงุก ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽู†ููŠู†ูŽ ูˆูŽุงู„ู’ู‚ูŽู†ูŽุงุทููŠุฑู ุงู„ู’ู…ูู‚ูŽู†ุทูŽุฑูŽุฉู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฐู‘ูŽู‡ูŽุจู ูˆูŽุงู„ู’ููุถู‘ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽูŠู’ู„ู ุงู„ู’ู…ูุณูŽูˆู‘ูŽู…ูŽุฉู ูˆูŽุงู„ุฃูŽู†ู’ุนูŽุงู…ู ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽุฑู’ุซู ุฐูŽู„ููƒูŽ ู…ูŽุชูŽุงุนู ุงู„ู’ุญูŽูŠูŽุงุฉู ุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุงู„ู„ู‘ู‡ู ุนูู†ุฏูŽู‡ู ุญูุณู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูŽุขุจู
    “Dijadikan indah pada (pandangan) manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik (surga)”.
    ( QS. Ali Imran 3:14 )

    Oleh karena itu, islam pun mengatur hal ini salah satunya dengan menjaga pandangan dan berpuasa.

    ู‚ูู„ ู„ู‘ูู„ู’ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู†ูŽ ูŠูŽุบูุถู‘ููˆุง ู…ูู†ู’ ุฃูŽุจู’ุตูŽุงุฑูู‡ูู…ู’ ูˆูŽูŠูŽุญู’ููŽุธููˆุง ููุฑููˆุฌูŽู‡ูู…ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽุฒู’ูƒูŽู‰ ู„ูŽู‡ูู…ู’ ุฅูู†ู‘ูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูŽ ุฎูŽุจููŠุฑูŒ ุจูู…ูŽุง ูŠูŽุตู’ู†ูŽุนููˆู†ูŽ
    Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.
    ( QS. An Nuur 24:30 )

    Rasulullah saw bersabda: Pandangan adalah salah satu anak panah beracun, diantara anak panah iblis. Semoga Allah melaknatinya. Barang siapa yang meninggalkannya karena takut kepada Allah maka ia telah diberi Allah keimanan yang mendapatkan kelezatannya didalam hatinya. (Al Hadits riwayat Imam Al Hakim)

    Sesungguhnya cinta itu adalah akad nikah, selebihnya hanyalah fitnah dan nafsu.

    • ilyas
      October 1, 2009 at 3:52 pm

      Maaf ada koreksi ttg apa yang saya tulis pada komentar sebelumnya berkenaan dengan hadis tentang pandangan adalah satu dai anak panah setan… setelah membaca terjemahan 100 HADIS DHA’IF DAN PALSU YANG MASYHUR DI KALANGAN MASYARAKAT yang dihimpun oleh Syeikh Ihsan bin Muhamad bin ‘Ayis al-Utaibi di dapatkan bahwa hadis tersebut dhaif jiddan atau sangat lemah.

      Jadi jangan dipakai buat pegangannya yah dan jangan dinisbatkan kepada Rasulullah dan yang jangan di masyhurkan (disebarkan sehingga menjadi terkenal) sehingga melenakan kita dari hadis-hadis yang shahih.

      Insya Allah ada banyak hadis-hadis yang shahih berkenaan dengan pandangan.

      —————————
      Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melarang duduk-duduk di jalanan, lalu mereka bertanya, “Wahai Rasulullah, duduk-duduk di rumah benar-benar membuat penat?” Nabi menjawab, “Jika kalian duduk (di jalanan), maka berikanlah haknya.”

      Mereka bertanya, “Apa haknya wahai Rasulullah?” Rasulullah menjawab, “Memberi petunjuk orang yang bertanya, menjawab salam, menahan pandangan, memerintahkan yang ma’ruf, dan melarang yang munkar.”

      —————————————-

      Bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melarang duduk-duduk di halaman rumah dan di pinggir-pinggir jalan, kemudian orang-orang Islam berkata, “Kami tidak mampu meninggalkannya.” Nabi bersabda, “Bila tidak, maka berikanlah haknya.” Lalu mereka bertanya, “Apakah hak jalan itu?” Nabi menjawab, “Menundukkan pandangan, menunjukkan pengguna jalan, mendoakan rahmat kepada orang bersin yang memuji Allah, dan menjawab salam.”

      ————————
      Kedua hadis tsb saya ambil dai Kitab Shahih Adabul Mufrad karya Imam Bukhari

  16. ilyas
    June 11, 2009 at 8:38 am

    ralat๐Ÿ˜€
    Sesungguhnya cinta itu adalah akad nikah, selebihnya hanyalah cobaan dan fitnah saja.

  17. June 11, 2009 at 5:18 pm

    ilyas mantabz nih…

  18. ilyas
    June 12, 2009 at 10:56 am

    Itu mah Ki Mantabz jon, itu tuh dalang… o ye

  19. ilyas
    June 12, 2009 at 11:08 am

    Kenapa pandangan dianalogikan sepert panah beracun? Karena sifatnya sepert panah yang beracun, walaupun sudah di cabut, racunnya masih bekerja pada tubuh

    Begitu juga pandangan, meskipun pandangan sudah di alihkan, tetapi masih terbayang-bayang di pikiran, dan ini bisa meracuni hati/qalbu.

    wallahu ‘alam

  20. June 12, 2009 at 1:49 pm

    untuk yang terakhir ane udah pernah merasakan kehebatan panahnya yas… dan memang beracun…๐Ÿ˜€

  21. fafa
    November 4, 2009 at 9:30 am

    bagus bagus blok ini………………smangat n tetep berkarya………….

  22. November 23, 2009 at 3:16 pm

    jadi..datangnya /pertemuan jodoh itu..sperti,,brtemu diatas bus,,angkot..mall kampus, kantor,atu bertmunya melalui orang lain..apakah itu udah diatur jg oleh ALLAH SWT..?

  23. November 23, 2009 at 3:23 pm

    astagfirullah dari hamba ALLAH maksudnya..

  24. joe
    May 14, 2010 at 1:13 pm

    Ass…sya mw tnya..apakh anda prcya sma yg nma’y org pnter?
    Apakah anda prcya ap bila yg dia ktakn..”Apa bila kamu jadi sma wanita itu hidup kamu akn ssah..karena aura’y kurang bagus jdi hrus pisah”
    Namun yang nma’y hati dn prsaan gk bsa smudah itu tuk mnghilangkan’y
    Dn prnyataan itu mmbuat sya sakit hati dn kurang terima…
    Jujur sya sih percya gk prcaya…
    Ortu sya yg tdi’y seruju dgn hubngan sya skrng mlh jdi brsha mmisahkn sya..
    Sya brfkir klo bgni trz bklan gila..klo ap” sllu d hubng”kn dgn org pinter..
    Tolong bgaimna tnggpan’y….

    Trma ksih…

    Wassalam

  25. October 2, 2010 at 4:30 pm

    bukan ya sih diatur tapi kita harus kita yg menjalani kita harsu tetap yg berusaha lah baru tuhan yg merencanakan jonoh ya mana ya itu lah jodoh lah yayaya sih yayaya

  26. May 1, 2011 at 11:49 am

    betul bgt, jodoh sudah ada yg mengatur…
    dicari segitunya klo belum waktunya juga ga akan ada…
    tapi sebliknya…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: