Home > Pengalaman, Tips n Tricks, Tulis Aja > Mengatasi Cegukan

Mengatasi Cegukan

cegukan

Modelnya Cantik ya.. :P

Aku yakin hampir semua orang pernah mengalami cegukan. Hayoo, yang nggak pernah cegukan ngacung..

Fenomena ini memang cukup mengganggu kegiatan sehari-hari. Apalagi saat akan ketemu klien, presentasi  atau nyanyi tiba-tiba cegukan. Waduh, worst case nya bisa dibatalkan acaranya.

Post kali ini aku akan menceritakan pengalaman pribadi bergelut dengan yang namanya. Mudah-mudahan bisa membantu para pembaca yang saat ini sedang cegukan atau mungkin kalau suatu saat mengalami cegukan.

Waktu itu aku mengalami cegukan yang cukup lama, kurang lebih seharian dan tidak hilang-hilang. Akan tetapi tanpa disengaja, pada sore harinya aku menemukan cara yang ampuh untuk menghilangkan cegukan.

Menurut analisis saya, cegukan itu terjadi karena tidak sinkronnya antara ritme pernafasan kita dengan ritme denyut jantung yang memompa darah ke paru-paru. Dan untuk mengatasinya, ya kita harus mensinkronkan ritme / irama pernafasan dan denyut jantung kita. Ini memang tidak ilmiah, tapi berdasarkan pengalaman pribadi aja.

Bagaimana mensinkronkan pernafasan dan denyut jantung? Karena denyut jantung tidak bisa kita atur, maka yang kita atur adalah ritme pernafasan kita agar mengikuti  ritme denyut jantung kita. Kurang lebih yang sering aku praktikkan selama ini adalah sebagai berikut:

  1. Tarik nafas yang dalam, tapi jangan terlalu dalam.
  2. Tahan nafas beberapa saat.
  3. Sambil menahan nafas, rasakan denyut jantung Anda
  4. Pada ritme yang tepat hembuskan nafas yang ditahan tadi kemudian bernafas secara biasa.

Pada langkah ke-4, untuk memproleh ritme yang tepat tidak susah karena secara naluriah kita akan secara otomatis bernafas sinkron dengan denyut jantung. Yang perlu dilakukan adalah langsung bernafas secara normal saja.

About these ads
  1. June 5, 2011 at 11:16 am | #1

    nice post jono :D
    i just realized, lately u posted a lot…
    good, keep sharing bro… :D

  2. June 5, 2011 at 1:07 pm | #2

    Haha, I hope I can keep up this spirit for sharing :D

    How’re u there in country of SNSD? :D

  3. nyit-nyit
    May 21, 2012 at 6:54 pm | #3

    kl aq sih simpel, minum air putih agak lama sambil nengok ke kiri, dijamin langsung berhenti, cobain deh….it always works

  4. December 12, 2012 at 2:30 pm | #4

    kalau minum sambil menutup hidung ampuh g’ ?
    soalnya aku pernah liat kalau lagi cegukan dan pingin hilang caranya seperti itu ?!

    bener g ya ? soalnya aku gprnh liat sampai dia selesaiminumya jadi masih tanda tanya besar yang saya fikirkan !!

    terimakasih, infonya bermangfaat banget ..
    nannti kalau aku cegukan atau ornag lain aku kasih tips ini deh ..
    mantabb’ thanks ya ..
    salam suksess selallu .. ^^

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 26 other followers

%d bloggers like this: