Archive

Archive for the ‘Tulis Aja’ Category

Percakapan dengan Tuhan

November 6, 2012 1 comment

Hamba: Ya Tuhan, berikanlah aku pasangan sejati yang baik dan mencintaiku, aku akan mencintainya, seumur hidupku

Tuhan: Aku sudah memberikanmu orang tua kau sia-siakan, Aku memberikanmu kakak dan adik kau telantarkan, Aku memberikan kamu sahabat dan teman dekat, kamu abaikan. Bagaimana aku bisa mempercayakanmu lagi seorang pasangan. Cintailah mereka dahulu baru akan Kuberikan pasangan yang sejati.

Advertisements
Categories: Renungan, Tulis Aja Tags: ,

Ayat Kursi dan Artinya

June 9, 2011 18 comments

Ayat kursi merupakan salah satu ayat Al-Qur’an yang kerap dibaca oleh umat muslim karena dipercaya memiliki banyak faedah apabila dibaca. Letak Ayat ini di Al-Quran berada pada Surat Al-Baqarah Ayat 255. Salah satunya, konon katanya bisa menjauhkan dari

Terlepas dari apa saja faedah dari ayat ini yang banyak dipercayai oleh umat Islam, kalau dibaca sekilas arti atau terjemahan ayat tersebut secara tegas mengingatkan dan meyakinkan kita akan keesaan Allah beserta segala kekuasaan Allah yang tiada batas. Berikut ini ayat kursi beserta terjemahannya agar apabila kita membacanya  tidak hanya sekedar melafalkan saja, tetapi kita juga paling tidak mengetahui artinya dan memaknainya dihati.

ayat kursi: sumber wikipedia

Sumber Wikipedia

Buat yang masih belajar baca Al-Quran: begini bacanya:

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUM. LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDH. MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIH. YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA’ WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDH. WA LAA YA-UUDHUHU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM.

Nah kalau artinya begini:

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya);tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya dan Allah Mahatinggi lagi Mahabesar (Terjemahan Ibnu Katsir)

Demikian Posting dari aku semoga bermanfaat 🙂

Mengatasi Cegukan

June 5, 2011 5 comments
cegukan

Modelnya Cantik ya.. 😛

Aku yakin hampir semua orang pernah mengalami cegukan. Hayoo, yang nggak pernah cegukan ngacung..

Fenomena ini memang cukup mengganggu kegiatan sehari-hari. Apalagi saat akan ketemu klien, presentasi  atau nyanyi tiba-tiba cegukan. Waduh, worst case nya bisa dibatalkan acaranya.

Post kali ini aku akan menceritakan pengalaman pribadi bergelut dengan yang namanya. Mudah-mudahan bisa membantu para pembaca yang saat ini sedang cegukan atau mungkin kalau suatu saat mengalami cegukan.

Waktu itu aku mengalami cegukan yang cukup lama, kurang lebih seharian dan tidak hilang-hilang. Akan tetapi tanpa disengaja, pada sore harinya aku menemukan cara yang ampuh untuk menghilangkan cegukan.

Menurut analisis saya, cegukan itu terjadi karena tidak sinkronnya antara ritme pernafasan kita dengan ritme denyut jantung yang memompa darah ke paru-paru. Dan untuk mengatasinya, ya kita harus mensinkronkan ritme / irama pernafasan dan denyut jantung kita. Ini memang tidak ilmiah, tapi berdasarkan pengalaman pribadi aja.

Bagaimana mensinkronkan pernafasan dan denyut jantung? Karena denyut jantung tidak bisa kita atur, maka yang kita atur adalah ritme pernafasan kita agar mengikuti  ritme denyut jantung kita. Kurang lebih yang sering aku praktikkan selama ini adalah sebagai berikut:

  1. Tarik nafas yang dalam, tapi jangan terlalu dalam.
  2. Tahan nafas beberapa saat.
  3. Sambil menahan nafas, rasakan denyut jantung Anda
  4. Pada ritme yang tepat hembuskan nafas yang ditahan tadi kemudian bernafas secara biasa.

Pada langkah ke-4, untuk memproleh ritme yang tepat tidak susah karena secara naluriah kita akan secara otomatis bernafas sinkron dengan denyut jantung. Yang perlu dilakukan adalah langsung bernafas secara normal saja.

Al Ikhlas

June 4, 2011 Leave a comment

Siapa yang nggak tau Surat Al Ikhlas? Waktu pertama kali belajar sholat, surat ini paling favorit buat dibaca setelah Al fatihah selain surat An-Nas karena pendek dan mudah dihafal. Sampai sekarang juga surat ini masih favorit setiap kali sholat, biar sholatnya cepet, hehehe 😛

Aku yakin yang lain juga pasti banyak yang kayak gitu kan.. 😀

Nah karena favorit, ada baiknya kita coba pahami arti ayat demi ayat dari surat ini. Agar saat sholat kita dapat lebih memaknai apa yang kita baca. Berikut ini bacaan surat Al-Ikhlas:

Artinya:

Ayat 1-4

  1. Katakanlah, “Dia-lah Allah, Yang Maha Esa,
  2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
  3. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,
  4. dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia.”

Tega Banget Tukang Nasi Gorengnya

May 27, 2011 4 comments
nasi goreng

ilustrasi

Cerita ini berdasarkan kisah nyata. Kejadian tadi malam

W = Wanita Pembeli Nasi Goreng

P = Pria Pasangannya / Pacarnya

T = Tukang Nasi Goreng

————————————————————

W : “Yang, kamu mau pesen apa?” ~nanya ke pacarnya

P : “Nasi Goreng Kambing aja, yang”

W : “Mas, pesen Nasi Goreng Gila satu, Nasi Goreng Spesial satu, sama Nasi Goreng Kambing satu.. Nasi goreng spesialnya dibungkus ya, Mas”

T : KAMBINGNYA makan di sini, mbak?

P : !@#$#@$!!

W : Iya Mas (jawab ragu2)

T : YANG GILA juga makan di sini?

W : *#!$*&@!

Terus Berkarya

May 16, 2011 3 comments

Bulan lalu secara resmi aku melakukan hijrah tempat kerja dari tempat kerja sebelumnya ke tempat kerja aku yang sekarang. Dari sisi skala ekonomi tempat saya bekerja sebelumnya dapat dikatakan memiliki skala yang lebih besar dibandingkan dengan tempat saya bekerja saat ini. Yah sebenarnya juga tidak bisa dikatakan bekerja, karena aku hanya sekedar mengerjakan proyek yang aku bawa sendiri kemudian proyek tersebut dikerjakan atas nama perusahaan tersebut yang kebetulan juga rekan kuliah saya sendiri di MTI UI. Beliau mendapat pengalaman bagi perusahaannya dan saya mendapat keuntungan finansial dan pengakuan secara legal. Sungguh sebuah simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

Sesungguhnya kondisi seperti saat ini bukan aku yang merencanakan, dapat dikatakan, it just happened. Padahal sebelumnya aku berfikir untuk hijrah  dan bekerja di perusahaan lain yang sejenis yg mungkin lebih besar. Namun di balik ketidakterencanaan ini terdapat beberapa hal yang patut aku syukuri dari hijrah yang telah aku jalani.

Presentasi Direksi

Persiapan Presentasi di Depan Direksi

Hal pertama yang patut disyukuri adalah kini aku punya lebih banyak kesempatan untuk mengembangkan diri karena kondisi di tempat kerjaku sebelumnya sudah terlalu banyak SDM yang jauh lebih ahli dari aku sendiri sehingga kesempatan tersebut belum pernah datang. Contoh kesempatan yang alhamdulillah aku peroleh adalah untuk memimpin sebuah proyek dan  melakukan presentasi di depan direksi dari perusahaan klien.

Hal lain yang juga patut aku syukuri adalah dengan mengalami memimpin dan bertanggung jawab atas sebuah proyek sendiri, aku menjadi lebih memahami banyak hal yang sebelumnya aku sekedar tahu dan laksanakan. Kini aku lebih memahami mengapa alasan hal-hal tersebut perlu dilakukan atau tidak perlu dilakukan.

Pada akhirnya semua itu bermuara pada proses pendewasaan dan perbaikan diriku pribadi sehingga insya Allah menjadi pribadi yang semakin baik. Teruslah berkarya dan memperbaiki diri walau apapun yang terjadi.

Setiap kejadian yang terjadi dalam hidup pada dasarnya merupakan sebuah proses pendewasaan dan titik perbaikan diri. Tergantung bagaimana  kita menyikapinya.

Framework …

May 11, 2011 Leave a comment
framework of life

framework of life

Sudah lama sebenarnya ingin menulis tentang hal ini. Framework. Istilah framework buat temen yang lagi kuliah mungkin merupakan istilah yang familiar (banget). Ada banyak banget framework di dunia ini. Mungkin hampir di semua bidang ilmu ada framework. Kalau untuk bidang TI mungkin ada framework Waterfall, Scrum,  dkk untuk pengembangan aplikasi/software, lalu ada framework Ward and Peppard, Anita Cassidy, Tozer dkk untuk penyusunan rencana strategis sistem informasi, dst, dst… Untuk bidang lain mungkin aku tak bisa sebutkan, tapi pasti ada

Framework itu gampangnya adalah sesuatu panduan yang dapat kita gunakan untuk memecahkan sebuah permasalahan. Dan untuk sebuah permasalahan mungkin saja ada beberapa framework yang dipercaya dan terbukti bisa memecahkan masalah tersebut.

Iseng-iseng mikir, bisa nggak ya agama dianggap sebagai framework? Kalau waterfall dkk itu permasalahan yang dipecahkan adalah pengembangan aplikasi, Ward and Peppard dkk permasahan yang dipecahkan adalah penyusunan rencana strategis SI, maka permasalahan yang dipecahkan adalah permasalahan yang lebih global yaitu HIDUP. Hidup ini juga bisa dianggap sebuah permasalahan toh.

Jadi kalau ditanya apa framework yang aku pilih untuk hidup (framework of life), tegas akan aku bilang ISLAM. Sampai di sini pembicaraan sudah  sangat sensitif karena isu yang dibahas adalah isu tingkat tinggi :P. Tapi gak apa apa, silakan saja, semua orang berhak mengatakan framewok yang dipilih untuk hidup adalah yang paling benar ….

…. karena tidak seperti framework lain yang bisa dibuktikan saat kita hidup,  framework of life baru terbukti saat kita MATI nanti.

Wallahu a’lam bisshawab 😀